Cara Pemdes Cikaregeman Antisipasi Banjir di Wilayahnya

Cara Pemdes Cikaregeman Antisipasi Banjir di Wilayahnya
Sekretaris Desa Cikaregeman, Sugih Subarna. Foto: Dok. Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, BEKASI – terhitung ada 4 Perumahan yang rawan terkena banjir di wilayah Desa Cikaregeman, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi.


Sekretaris Desa Cikaregeman, Sugih Subarna, menjelaskan 4 Perumahan tersebut adalah Griya Pratama Mas, Griya Rahayu Asri, Greenville, dan Awani.

“Banjir di sana akibat luapan kali Sadang kiriman dari Bogor. Setiap tahunnya selalu ada luapan yang mengakibatkan banjir,” kata dia kepada awak media, Selasa, 11 Oktober 2022.

Tanggul di sejumlah perumahan yang rawan banjir tersebut, kata Sugih, sudah ditinggikan.


BACA JUGA: Pembangun Proyek SPALD-S di Cikaregeman Berjalan

Sementara pihak Desa juga mengajukan perbaikan jembatan di perbatasan dengan Desa Tamansari yang turut berkontribusi menyebabkan banjir ketika volume air meningkat.

“Itu memang sudah disiapkan sejak tahun kemarin. Sehingga ketika ada banjir semua sudah siaga,” kata dia.

Ketika terjadi banjir beberapa waktu lalu di tempat wilayah tersebut, maka banjir cepat surut dalam hitungan 1 sampai 2 jam.

Sebelumnya di salah satu perumahan ketika volume air Kali Sadang meningkat banjir bisa terjadi hingga 1 meter dan baru surut dalam hitungan hari.

“Kalau dari desa sudah rutin melakukan Jumat bersih. Agar tidak ada sampah yang dapat menyumbat aliran air,”paparnya.

Ketua RT dan RW diminta lebih siaga menghadapi musim penghujan dan selalu memberikan informasi kepada Pemerintah Desa Cikarageman. (Andi Saddam)