Bentuk 3 Kelompok Tani, Pemdes Burangkeng Dorong Program Ketahanan Pangan

Bentuk 3 Kelompok Tani, Pemdes Burangkeng Dorong Program Ketahanan Pangan
Lurah Burangkeng, Nemim bin Sain. Foto: Dok. Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, BEKASI – Program ketahanan pangan menjadi salah satu fokus Pemerintah Desa Burangkeng saat ini.


Oleh karena itu pemdes membentuk 3 kelompok tani di 3 dusun desa yang terletak di kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, tersebut

Lurah Burangkeng Nemin mengatakan pembentukan kelompok tani sebagai upaya ketahanan pangan di Desa Burangkeng sesuai amanat pemerintah.

“Pertama, perikanan dan pertanian tanaman palawija. Bukan tanaman tahunan tapi yang 20 hari panen, satu bulan panen. Kita sudah 3 kelompok tani,” kata Nemin belum lama ini.


BACA JUGA: BUMDes Burangkeng Harus Tingkatkan PAD Hingga 100 Persen

Nemin mengatakan masing-masing kelompok menanam tanaman yang berbeda-beda seperti terong, bayam, tomat, cabai, kangkung dan kacang panjang.

“Kelompok tani ini beda-beda tempat, ada di Kampung Jati, Kampung Cinyosog dan Kampung Burangkeng, bahkan sudah ada yang mulai tanam,” tuturnya.

Pemerintah Desa, kata Nemin, juga memberikan bantuan bibit, obat-obatan, dan pupuk untuk kelompok tani, tak hanya itu pihaknya juga memberikan pelatihan.

Mantan Anggota DPRD Kabupaten Bekasi ini menginginkan semua lahan tidak tidur di Desa Burangkeng dimanfaatkan sebagai lahan produktif.

“Kita akan terus menerus menata Burangkeng, lahan-lahan yang bisa dijadikan tempat wisata atau ketahanan pangan, agar kita manfaatkan, agar bisa nilai ekonomis untuk masyarakat dan peningkatan PADDes,” demikian kata dia. (Andi Saddam)