Operasi Zebra Dimulai, Warga Bekasi Harus Taat Aturan Lalu Lintas

Operasi Zebra Dimulai, Warga Bekasi Harus Taat Aturan Lalu Lintas
Penyematan pita Operasi Zebra Jaya terhadap petugas dari Polres Metro Bekasi Kota, Senin, 3 Oktober 2022. Foto: Pojoksatu.id/Adika F Utomo

POJOKSATU.id, BEKASI – Ratusan personel petugas gabungan bertugas untuk melakukan Operasi Zebra Jaya 2022, hingga 2 pekan ke depan.


Waka Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Rama Samtama Putra, menjelaskan personel gabungan dari Polres Metro Bekasi Kota, Kodim 0507/Bekasi, Sub Denpom II Wijayakarta, Satpol PP Kota Bekasi dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi.

“Ini adalah operasi mandiri kewilayahan serentak di jajaran Polda Metro Jaya dengan sasaran para pengendara kendaraan yang melakukan ataupun melanggar khususnya roda dua, roda empat ataupun roda enam,” ujar Rama, kepada awak media, Senin 3 Oktober 2022.

Operasi ini, kata Rama, untuk menekan upaya angka kecelakaan lalu lintas akibat pelanggaran yang dilakukan oleh para pelanggar.


BACA JUGA: Operasi Zebra Jaya Mulai 3 Oktober di Bekasi, Lokasinya di Sini

“Seperti kita ketahui angka kecelakaan yang cukup tinggi fatalitas kemudian juga angka pelanggaran lalulintas cukup tinggi, maka dengan adanya Operasi Zebra Jaya 2022 ini diharapkan dapat menekan angka-angka itu, sehingga kamseltibcar lantas dapat berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Beberapa titik di kota Bekasi akan menjadi target operasi, namun dengan pendekatan secara humanis kepada pengendara atau pelanggar. Pelanggar akan diberikan peringatan atas pelanggarannya.

“Personil gabungan sebanyak 120 personil kan melakukan operasi secara mobile maupun stasioner dengan mengedepankan humanis persuasif. Tilang upaya terakhir, dan ini nanti akan dikedepankan teguran,” kata Rama.

Diketahui bahwa di wilayah Kota Bekasi, angka pelanggaran lalu lintas cukup tinggi, bahkan tidak jarang hingga terjadi kecelakaan yang cukup parah.

“Di Bekasi kota ini cukup lumayan, termasuk kemarin ada kejadian beberapa laka menonjol, itu katagori zona merah, kemudian kawasan tertib lalulintas, jalan-jalan protokol, itu sasaran kita nanti,” kata dia menukas. (Adika F Utomo)