BUMDes Burangkeng Ditarget Sumbang Pendapatan 100 Persen untuk Desa

BUMDes Burangkeng Ditarget Sumbang Pendapatan 100 Persen untuk Desa
Lurah Burangkeng, Nemin. Foto: Dok. Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, BEKASI – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Burangkeng ditarget dapat menyumbang Pendapatan Asli Desa (PAD) sebesar 60 juta ditahun 2023 mendatang.


“Kemarin kan di tahun 2022 sumbangsih baru 30 juta, masih sangat kecil. Kemarin kita panggil dalam rangka penyusunan RKP, mau memberikan sumbangsih berapa? Sanggup 100 persen, artinya kan 60 juta,” kata Lurah Burangkeng Nemin.

Nemin mengatakan setiap tahunnya BUMDes wajib memberikan laporan secara berkala kepada Pemerintah Desa Burangkeng.

“Setiap tahun kita minta laporan pertanggungjawaban setiap tahun oleh pemerintah desa. Di situlah mereka mempertanggungjawabkan keuangannya, manajemen seperti apa,” kata dia, belum lama ini.


BACA JUGA: Puan Steak and Coffee, Lini Usaha Baru BUMDes Burangkeng

“Jadi bukan berarti sudah punya potensi bisa asal-asalan, justru administrasi yang penting,” sambung Nemin.

BUMDes sendiri sudah memiliki peraturan desa untuk menjalankan bisnisnya. Nemin mengatakan pihaknya sebagai pembina memastikan dapat berjalan sesuai peraturan.

Saat ini, BUMDes Burangkeng difokuskan untuk mengembangkan wisata danau Mustika Grande. Saat ini BUMDes sudah mengelola wisata kuliner di tepi danau dengan Ngajedog Square.

BACA JUGA: Tahun Depan TPAS Burangkeng Diperluas 1 Hektare

Selain wisata kuliner, rencana danau Mustika Grande juga akan dibangun rumah makan apung, spot selfie dan perahu mengelilingi danau.

“Kita akan turap, kita perbaiki danau ini, akan kita buat seperti perahu dan rumah makan apung, agar nilai ekonomis untuk masyarakat juga ada,” demikian kata dia. (Andi Saddam)