Berkas 7 Tersangka Khilafatul Muslimin Belum Lengkap

Berkas 7 Tersangka Khilafatul Muslimin Belum Lengkap
Tersangka Khilafatul Muslimin yang dibawa ke Kejaksaan Negeri Bekasi dari Polda Metro Jaya, Senin, 3 Oktober 2022. Foto: Pojoksatu.id/Adika F Utomo.

POJOKSATU.id, BEKASI – Sebanyak 7 orang tersangka Khilafatul Muslimin masih kekurangan berkas setelah dilakukan pemeriksaan di Kejaksaan Negeri Kota Bekasi, Senin 3 Oktober 2022.


Kepala Seksi Intelejen Kejari Bekasi sekaligus humas, Yadi Cahyadi, menjelaskan dari beberapa tersangka yang dilakukan pemeriksaan hanya 7 orang yang masih kurang pemberkasannya.

Mereka adalah SW, MHA, Nu, IN, Fa, MH, dan HM. Sedangkan 4 tersangka lainnya yang diterima yakni AQHB, IF, AA, dan ASA.

“Ada 7 tersangka karena ada kekurangan kelengkapan administrasi maka untuk tersangka, untuk itu nanti akan dilengkapi kembali kelengkapan administrasi,” ungkap Yadi, kepada awak media.


BACA JUGA: 10 Tersangka Khilafatul Muslimin Diserahkan Ke Kejaksaan Negeri Kota Bekasi

Dirinya menyebutkan, pelimpahan berkas kepada Kejaksaan Negeri Kota Bekasi berdalih tempat dan yayasannya berada di Kota Bekasi.

Yadi menjelaskan, para tersangka disangkakan dengan pasal berlapis yakni Pasal 59 ayat 4 hufur c Jo Pasal 82 A ayat 2 UU Nomor 16 Tahun 2017 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Penganti UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas menjadi UU Jo Pasal 55 ke 1 KUHP.

“Mereka juga disangkakan dengan Pasal 14 ayat 1 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana Jo Pasal 55 1 KuHP,” imbuhnya.

BACA JUGA: Pentolan Khilafatul Muslimin Karawang Deklarasi, Janji Setia untuk NKRI

“Lalu Pasal 5 ayat (1) UU Nomor 10 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Jo Pasal 55 ke 1 KUH,” tambahnya.

Dalam giat penerimaan kali ini Kejaksaaan Negeri Kota Bekasi juga menerima barang bukti sejumlah Rp2.228.892.000. (Adika F Utomo)