Absensi Kehadiran Mudah dan Akurat, Absensi Mekari.com Jawabannya

Aplikasi Absensi Online by Mekari.
Aplikasi Absensi Online by Mekari.

POJOKBEKASI.com – Absensi kehadiran online adalah salah satu dari penggunaan sistem absensi yang juga pastinya saat ini sudah sering terdengar penggunaannya.


Terlebih lagi, saat ini sudah masuk pada era serba digital karena teknologi yang sudah berkembang sangat pesat.

Penggunaan aplikasi digital yang bisa diakses dengan sangat mudah pun menjadi salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Salah satunya ialah perkembangan pada metode absensi karyawan dari sebuah perusahaan yang kini telah menerapkan sistem absensi kehadiran online.


Cara ini dipandang jauh lebih praktis serta efisien jika dibandingkan dengan melakukan absensi metode manual.

Penggunaan absensi kehadiran online ini sendiri sebenarnya baru diperkenalkan seiring dengan adanya koneksi internet yang sudah bisa dijangkau oleh setiap orang.

Ada begitu banyak kelebihan yang ditawarkan dengan penggunaan absensi kehadiran online, jika dibandingkan dengan metode absensi sebelumnya seperti penggunaan fingerprint atau pun mesin check lock.

Apalagi, untuk saat sekarang ini koneksi internet sudah dapat dengan mudah dijangkau oleh siapa saja, baik itu dari segi harga maupun aksesnya.

Oleh sebab itu, penggunaan metode absensi kehadiran online sendiri dinilai menjadi salah satu pilihan terbaik yang banyak diaplikasikan.

Tidak hanya oleh perusahaan-perusahaan, bidang pemerintahan pun kini sudah mulai menerapkan sistem absensi kehadiran online ini.

Apakah anda sudah mengenal absensi kehadiran online? Berikut akan kami jelaskan absensi kehadiran online dengan lebih detail untuk Anda.

Baca Juga : Sistem ERP Software Perusahaan Terbaik Bagi Kemajuan Bisnis

Absensi Kehadiran Dengan Satu Klik Dimana Saja

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa secara umum pengertian absen adalah merupakan suatu tanda kehadiran yang telah dikenal sejak masa sekolah dulu.

Ketika metode ini digunakan di sekolah, biasanya guru akan memanggil nama siswa satu per satu. Namun, jika hal seperti ini dilakukan pada suatu perusahaan tentu saja hal tersebut sangatlah tidak mungkin.

Apalagi ketika perusahaan tersebut memiliki jumlah karyawan yang sangat banyak, bahkan hingga ratusan atau bahkan ribuan karyawan.

Tentu saja hal ini akan sangat merepotkan dan membuat waktu menjadi lebih banyak terbuang. Padahal waktu tersebut bisa saja digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang lainnya.

Oleh sebab itu, dengan digunakannya absensi kehadiran online ini dinilai lebih efektif dan lebih efisien karena metode yang digunakan praktis sehingga tidak memerlukan waktu yang banyak seperti metode absensi yang lain.

Karyawan hanya perlu mempunyai sambungan internet dan absensi kehadiran online yang telah terinstall pada perangkat ponsel. Saat karyawan perusahaan akan melakukan check in absensi pada aplikasi, maka karyawan harus sudah mengaktifkan GPS terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan supaya perusahaan bisa mengetahui di mana lokasi karyawan mereka saat sedang melakukan absensi kehadiran online.

Absensi Kehadiran Praktis dan Banyak Manfaat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan absensi kehadiran online ini memiliki banyak sekali manfaat jika kita bandingkan ketika menggunakan absensi karyawan dengan metode lain, misalnya saja sidik jari atau check lock.

Salah satu hal yang membuat penggunaan absensi kehadiran online karyawan menjadi begitu populer adalah absensi kehadiran online ini sangat praktis dalam penggunaannya, mudah, dan efisien sehingga berhasil menarik banyak perhatian perusahaan dan mencobanya.

Namun, keunggulan dan manfaat yang diberikan metode absensi karyawan yang satu ini tentu tidak hanya itu. Karena masih banyak lagi manfaat-manfaat dari absensi kehadiran online yang mungkin belum Anda ketahui.

Jadi, apa saja keunggulan dan manfaat lain dari penggunaan metode absensi kehadiran online ini? Berikut merupakan manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan metode absensi ini:

Penggunaan yang Mudah dan Fleksibel

Saat ini Indonesia memiliki begitu banyak jenis industri ataupun perusahaan yang telah berdiri. Tentu saja, perusahaan-perusahaan tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda antara satu dan yang lainnya.

Karena keragaman ini lah yang membuat perusahaan-perusahaan tersebut pada akhirnya tidak bisa menggunakan metode absensi konvensional yang sama seperti halnya penggunaan absensi sidik jari maupun check lock.

Karena tidak semua perusahaan cocok dengan penggunaan metode absensi tersebut. Salah satu contoh, jika ada sebuah perusahaan di mana para pekerja mereka lebih banyak bekerja di lapangan dibandingkan bekerja di dalam kantor.

Melihat kondisi tersebut, penggunaan metode absensi konvensional seperti halnya mesin sidik jari tentu menjadi tidak praktis, baik untuk perusahaan maupun para karyawan mereka.

Saat metode absensi ini masih digunakan, maka karyawan tersebut harus terus pulang-pergi ke kantor hanya untuk melakukan absensi. Hal seperti ini tentu saja sangat tidak efisien dan mengganggu jam kerja para karyawan.

Padahal bisa saja pada saat perjalanan pulang dan pergi itu, karyawan bisa menyelesaikan pekerjaan pekerjaan mereka yang lain.

Selain tidak efisien dan juga membuang waktu karyawan, lambat laun hal tersebut dapat mengganggu produktivitas perusahaan. Hal ini akan berbeda ketika perusahaan menggunakan sebuah metode absensi metode online yang akan jauh lebih praktis.

Baca Juga : 9 Manfaat Rajin Melakukan Pembukuan Usaha untuk Perusahaan, Bisa Pakai Aplikasi

Para karyawan perusahaan yang memiliki pekerjaan di lapangan bisa melakukan absensi dari mana saja dan kapan saja selama karyawan memiliki absensi pada ponsel mereka dan terhubung dengan koneksi internet yang baik.

Dengan absensi metode online ini, juga akan memfasilitasi kebutuhan kerja yang jauh lebih fleksibel. Apalagi sejak adanya pandemi Covid-19 berlangsung ada begitu banyak perusahaan yang mengambil jalan untuk melakukan WFH alias sistem kerja di rumah.

Tentu jika perusahaan mengambil langkah untuk menggunakan metode absensi secara konvensional, hal tersebut akan sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan kerja. Apalagi dalam sistem kerja saat ini banyak dilakukan di luar kantor.

Penghematan Belanja Perusahaan

Metode absensi metode online ini tidak membutuhkan suatu perangkat maupun pemasangan yang dilakukan mandiri oleh perusahaan. Misalnya saja mesin sidik jari atau check lock, kedua hal ini butuh sebuah mesin agar dapat digunakan.

Padahal, dengan memasang sebuah perangkat mesin ataupun melakukan instalasi tentu saja masuk dalam satu paket, dimana dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Hal ini membuat perusahaan harus menyiapkan anggaran lebih sehingga mencapai jutaan rupiah. Apalagi saat perusahaan ingin menggunakan sistem sidik jari atau check lock dalam jumlah yang besar.

Tidak hanya menyiapkan biaya untuk membeli perangkat mesinnya, tapi perusahaan juga harus mempersiapkan dana tambahan untuk biaya perawatan mesin.

Ini akan sangat berbeda ketika perusahaan menggunakan metode absensi kehadiran online. Perusahaan hanya butuh melakukan pendaftaran dan mengunduh absensi tersebut pada ponsel atau laptop dan juga tablet yang digunakan.

Melakukan absensi online ini juga akan sangat memudahkan para karyawan perusahaan yang pekerjaannya berada di lapangan atau bekerja dari jarak jauh jika dibandingkan dengan pada saat perusahaan menggunakan metode absensi konvensional seperti mesin sidik jari.

Tidak hanya penggunaannya yang memiliki efisiensi rendah, tetapi metode tersebut juga memerlukan anggaran biaya yang jauh lebih besar dan perawatan yang tidak murah.

Keakuratan Data yang Terjamin

Mungkin sebagian orang khususnya pekerja yang telah mengetahui bahwa daftar hadir kerja ini dapat mempengaruhi perhitungan gaji bersih dan juga hak karyawan.

Tentunya hal ini menjadi sangat penting. Dan, penggunaan metode absensi kehadiran online dianggap memudahkan perusahaan khususnya staff HR dimana mereka memiliki tanggung jawab untuk melakukan perhitungan serta rekap data daftar hadir.

Dengan penggunaan sistem absensi kehadiran online ini, perhitungan pada daftar hadir karyawan perusahaan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Perhitungan pun akan lebih akurat karena menggunakan teknologi yang melakukan perhitungan secara otomatis. Hal ini tentu sangat berbeda ketika perusahaan tetap metode absensi secara manual.

Di mana staff HR harus melakukan perhitungan ulang, dan tentu saja hal tersebut lebih berisiko menimbulkan data yang tidak akurat.

Dengan bantuan teknologi absensi metode online ini, sistem akan membuat data masuk langsung tersinkronisasi dengan otomatis pada data lainnya sehingga perhitungan yang dilakukan bisa lebih mudah.

Memantau Karyawan Secara Tepat Waktu

Seperti yang telah dijelaskan bahwa penggunaan metode absensi metode online ini akan secara otomatis terhubung dengan koneksi internet. Hal ini tentu memudahkan sebuah perusahaan dalam melakukan pemantauan data karyawan mereka secara real time.

Karena keutamamaan ini membuat pekerjaan dari staf HR perusahaan menjadi lebih mudah dan juga cepat. Bahkan tidak hanya itu saja, setiap data yang berasal dari absensi ini bisa langsung disimpan lalu dilakukan pembaruan secara otomatis melalui sistem cloud. Hal tersebut menjamin keamanan data setiap karyawan perusahaan.

Baca Juga : Serba Serbi Pajak: Fungsi, Ciri, Manfaat dan Cara Mudah Lapornya

Keamanan Terjamin dengan Sistem Ganda

Saat menggunakan sistem absensi konvensional apalagi manual, bukan hal yang tidak mungkin risiko terjadinya kecurangan absensi dapat terjadi.

Oleh sebab itu, metode absensi metode online ini jadi satu langkah yang bisa diambil oleh perusahaan untuk mencegah adanya kecurangan daftar hadir karyawan perusahaan.

Sistem absensi metode online ini juga dilengkapi dengan teknologi GPS dan juga biometrik. Sehingga sistem ini memiliki keamanan ganda untuk mencegah kecurangan dapat terjadi.

Cara penggunaan sistem absensi metode online ini juga sangat mudah karena karyawan perusahaan hanya perlu verifikasi kehadiran pada suatu titik yang telah digabungkan dengan foto.

Oleh karena itu lah karyawan perusahaan tidak bisa melakukan manipulasi pada data, karena setiap data yang masuk pada sistem akan langsung terenkripsi dan tersimpan secara aman.

Demikianlah penjelasan mengenai sistem absensi kehadiran online. Sehingga dapat disimpulkan secara sederhana, sistem absensi kehadiran online merupakan suatu kegiatan yang akan dilakukan oleh karyawan perusahaan melalui perangkat ponsel mereka secara langsung ataupun melalui laptop dengan cara check in juga menggunakan GPS.

Dengan menggunakan sistem absensi kehadiran online ini, operasional kerja yang dilakukan staff HR bisa lebih jauh mudah, cepat serta efisien, tanpa membuang banyak waktu.

Untuk memudahkan pengerjaan dari rekap data tiap karyawan, perusahaan bisa menggunakan penambahan tools digital lainnya.
Salah satu aplikasi yang direkomendasikan banyak perusahaan adalah absensi kehadiran online dari mekari.com.

Bukan tanpa alasan jika penggunaan absensi online mekari.com ini banyak direkomendasikan perusahaan karena fitur yang tersedia di dalam aplikasi ini sangat lengkap.

Selain itu penggunaan sistem absensi satu ini juga sangat mudah. Sehingga bagi perusahaan yang baru saja mencoba untuk mulai menggunakan sistem absensi kehadiran online sangat direkomendasikan untuk menggunakan absensi dari mekari.com .***