Pj Kades Cibening Segera Ditetapkan

Pj Kades Cibening Segera Ditetapkan (1)
Kabid Pemdes DPMD Maman Firmansyah menyampaikan penjelasan saat minggon di Desa Cibening, Setu, Kabupaten Bekasi, Rabu, 28 September 2022. Foto: Pojoksatu.id/Andi Saddam

POJOKSATU.id, BEKASI – Pasca sepeninggal Suryadi Effendi, kepala Desa Cibening sementara dijabat oleh sekretaris desa sebagai pelaksana harian.


Dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Bekasi menetapkan sosok penjabat Kepala Desa Cibening.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Maman Firmansyah, menjelaskan surat keputusan penjabat kepala Desa Cibening saat ini sudah ada di Bagian Hukum Pemkab Bekasi untuk koreksi.

Dia berharap Jumat nanti surat itu ditandatangani pj bupati dan hari Senin sudah dapat bertugas.


“Ini hak prerogatif Bupati untuk memutuskan karena kita tidak ada usulan dari BPD dan kecamatan,” kata dia saat diwawancarai di kantor Desa Cibening, Rabu, 28 September 2022.

BACA JUGA: BPD Cibening Bakal Jalankan Tahapan PAW Sesuai Regulasi

“Penjabat kepala desa itu yang pasti pernah di DPMD juga, dia juga pernah di desa, dan dia juga sekarang memang di bagian pemerintahan dan juga ASN juga,” sambung Maman.

Dia menegaskan bahwa pejabat hanya Untuk mengantarkan menuju pemilihan antarwaktu (PAW) kepala desa dan soal sosok penjabat ini Bupati mengedepankan sifat netralitas.

“(Soal PAW) itu pj jadi (ditentukan) langsung musdes anggaran, langsung segera bentuk panitia, 3 bulan bisa (hingga Desember),” tutur dia.

Pada PAW nanti para calon kepala desa harus mendaftarkan diri sesuai dengan persyaratan dan ketentuan kemudian para calon kepala desa itu nanti akan dipilih oleh tokoh masyarakat.

“Tokoh itu pun ada pemilihannya, betul tokoh atau bukan jangan ngaku-ngaku tokoh. Contohnya tokoh budaya apakah dia punya sanggar, kemudian ada juga tokoh pendidikan misalkan kepala sekolah dan tokoh agama apakah dia punya pesantren atau tidak,” demikian kata Maman. (Andi Saddam)