BPD Cibening Bakal Jalankan Tahapan PAW Sesuai Regulasi

BPD Cibening Bakal Jalankan Tahapan PAW Sesuai Regulasi
Rapat minggon Desa Cibening yang dihadiri perwakilan DPMD Kabupaten Bekasi, Rabu, 28 September 2022. Foto: Pojoksatu.id/Andi Saddam

POJOKSATU.id, BEKASI – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cibening segera mempersiapkan musyawarah pergantian antar waktu (PAW) Kepala Desa Cibening usai penjabat ditetapkan.


Ketua BPD Cibening Anton Suryana mengatakan mulanya BPD Cibening hendak membentuk panitia PAW lantaran jelang 15 hari sepeninggal kepala desa tidak ada pihak kecamatan ataupun dinas yang berkoordinasi.

“Pertama memang dalam peraturan daerah tentang desa terhitung 15 hari dari kekosongan kepala desa harus membentuk panitia. Arahan Tadi Pak Maman (kabid pemdes, ed) gak usah dibentuk dulu. Menunggu pj ada,” kata Anton di kantor Desa Cibening, Rabu, 28 September 2022.

“Kemarin kita membahas karena kita gak ada kedatangan pihak kecamatan dan Pemkab Bekasi tentang apa yang harus kami lalukan sehingga kami mengacu peraturan daerah saja BPD Mmembentuk panitia melaporkan kekosongan kepala desa. Misalkan ada arahan lain, akan kita lakukan kembali,” sambung Anton.


BACA JUGA: Pj Kades Cibening Segera Ditetapkan

Anton menjelaskan apabila PAW digelar pada Desember hal itu begitu memungkinkan lantaran respons masyarakat dan para tokoh begitu cepat agar segera digelar.

“Banyak tokoh yamg berpesan kepala Desa Cibening terhenti bukan atas dasar hukum atau pidana, tapi atas dasar meninggal karena sakit. Jadi BPD diminta menjalankan regulasi dan tahapan PAW sebaik mungkin dan sedingin mungkin agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” kata pria yang juga sekretaris Karang Taruna Setu ini.

Dengan penetapan PJ yang disebut oleh kepala bidang pemerintahan desa memanfirmansyah akan segera tetapkan dalam pekan ini maka masyarakat Cibening, kata Anton, menunggu hal tersebut. (Adika F Utomo)