Pemdes Muktijaya Bagikan 40.000 Bibit Lengkuas Khas Desa kepada Ratusan Warga

Pemdes Muktijaya Bagikan 40.000 Bibit Lengkuas Khas Desa kepada Ratusan Warga
Penyerahan bibit lengkuas secara simbolis oleh Kades Muktijaya, Runi Nuraeni, Selasa, 27 September 2022. Foto: Pojoksatu.id/Andi Saddam

POJOKSATU.id, BEKASIDesa Muktijaya identik dengan tanaman biofarmaka khususnya laja atau lengkuas. Produksi lengkuas itu terus diperkuat oleh pemerintah desa.


Total sebanyak 40.000 bibit lengkuas dibagikan kepada 600 warga dari 3 dusun. Penyerahan bibit sudah berlangsung sejak Senin, 26 September 2022 di Dusun I dan 27 September 2022 di Dusun II. Dusun III berlangsung 28 September 2022.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Aca Suryana, menjelaskan kegiatan ini merupakan program desa.

“Pada tahun 2022 ini pemerintah pusat meminta meningkatkan ketahanan pangan di Desa Muktijaya ini kita tekankan di bidang pertanian,” jelas dia.


Kepala Desa Muktijaya, Runi Nuraeni, mengatakan dengan adanya program ini bisa meningkatkan perekonomian warga karena lengkuas jadi ikon Muktijaya.

Pemdes Muktijaya Bagikan 40.000 Bibit Lengkuas Khas Desa kepada Ratusan Warga 2
Lengkuas khas Muktijaya yang diberi nama AM Pahlawan Bekasi. Foto: Pojoksatu.id/Andi Saddam

“Budidaya lengkuas dari zaman dulu selain kencur, kunyit, dan jahe. Muktijaya dipertahankan ke depan saya intruksikan buat bilangin ke warga harus tanam 2 atau 3 pohon di rumah untuk ikon muktijaya,” kata dia.

Runi menjelaskan program itu bisa meningkatkan ekonomi warga masyarakat karena permintaan lengkuas.

Tiap warga mendapat 3 empong yang berisi sekitar 60 tangkal lengkuas jenis ‘Asli Muktijaya Pahlawan Bekasi’.

Sementara itu Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Bekasi Zona Selatan, R. Asep Saipudin, berharap mudah-mudahan ke depan kita bisa ekspor bisa produksi sebanyak-banyaknya otomatis kesejahteraan diraih desa Muktijaya.

“Kegiatan ini kami apresiasi luar biasa,” demikian kata dia. (Andi Saddam)