Lengkuas Muktijaya Sudah Sertifikasi Kementan dan Diakui Secara Nasional

Lengkuas Muktijaya Sudah Sertifikasi Kementan dan Diakui Secara Nasional
Lengkuas Desa Muktijaya yang bernama 'Asli Muktijaya Pahlawan Bekasi' yang berbeda dibandingkan lengkuas lain. Foto: Pojoksatu.id/Andi Saddam

POJOKSATU.id, BEKASI – Hasil bumi lengkuas di Desa Muktijaya, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, kini sudah mendapatkan sertifikasi penamaan varietas dari Kementerian Pertanian (Kementan).


Nama varietas itu yakni Lengkuas Merah AM Pahlawan Bekasi. AM merupakan singkatan dari asli Muktijaya.

Sertifikat penamaan lengkuas itu didapat sejak bulan April 2022 lalu. Lengkuas selama ini memang menjadi komoditi andalan Desa Muktijaya.

Kepala Desa Muktijaya, Runi Nuraeni, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menjadikan lengkuas sebagai ikon Desa Muktijaya.


BACA JUGA: Pemdes Muktijaya Bagikan 40.000 Bibit Lengkuas Khas Desa kepada Ratusan Warga

“Sudah identik, sekarang kita pertahankan. Nanti kedepan kita akan instruksikan perangkat desa buat bilangin ke warga, setiap rumah harus minimal ada satu dua pohon lengkuas,” kata Runi usai membagikan bibit lengkuas di Kampung Lebaksiu, 27 September 2022.

Runi menjelaskan untuk menjadikan lengkuas sebagai ikon desa, harus ada keterlibatan semua pihak. Sehingga lengkuas Muktijaya dikenal luas.

“Bisa meningkatkan perekonomian warga, rencana juga ada pengolahan dan bantuan dari Dinas Pertanian, insyaallah terwujud,” tuturnya.

Berbeda dari lengkuas lain

Pemdes Muktijaya Bagikan 40.000 Bibit Lengkuas Khas Desa kepada Ratusan Warga
Penyerahan bibit lengkuas secara simbolis oleh Kades Muktijaya, Runi Nuraeni, Selasa, 27 September 2022. Foto: Pojoksatu.id/Andi Saddam

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Subur Jaya, Nian Abadi memaparkan lengkuas Muktijaya memiliki kriteria tersendiri dibanding lengkuas diwilayah lainnya.

“Warnanya lebih merah, lebih sedap jika dimasak, seratnya lebih sedikit. Itupun kalau ditanam di Muktijaya, kalau dari sini kita tanam di luar seperti Jonggol itu sudah beda,” kata Nian memaparkan keunggulan lengkuas Muktijaya.

Produk lengkuas asal Muktijaya sendiri sudah dipasarkan ke berbagai wilayah seperti Pasar Kramat, Karawang hingga Caringin, Bandung.

“Kami sebagai Gapoktan, sangat antusias dan berterimakasih, desa susah mendukung. Setelah mendapatkan kepercayaan baik dalam negeri, kedepan semakin dibutuhkan oleh pasar-pasar nasional maupun internasional,” tuturnya. (Andi Saddam)