Pasca Insiden Longsor, Dinas LH Kebut Perapian Sampah di TPAS

Pasca Insiden Longsor, Dinas LH Kebut Perapian Sampah di TPAS (1)
Kondisi TPAS Burangkeng, Senin, 26 September 2022. Foto: Pojoksatu.id/Andi Saddam

POJOKSATU.id, BEKASI – Insiden longsor yang terjadi di Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Burangkeng saat ini sudah ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi.


Longsor terjadi pada hari Kamis, 22 September 2022. Sampah yang longsor sempat menutup jalan sehingga aktivitas pembuangan sampah sempat terganggu.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi pun langsung meliburkan operasional truk pembuangan sampah pada Jumat, 23 September 2022.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Chaerul Hamid menjelaskan saat ini sudah tahap penanganan lanjutan. Dinas LH meminjam alat berat kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air.


BACA JUGA: Pemulung di TPAS Burangkeng Tak Pernah Tersentuh Program Pemerintah

“Penanganan sudah berjalan. Longsor lhamdulillah tidak menimbulkan korban jiwa ataupun korban material. Longsor memang menutup jalan dan ke lahan penduduk tapi lahan penduduknya kosong,” tutur Hamid saat diwawancarai wartawan.

Lanjut Hamid, alat berat sudah turun sejak Jumat malam untuk menangani sampah yang longsor.

“Sampai hari ini penanganan longsor masih berjalan. Kami juga perlu sampaikan mohon maaf kalau pelayanan pembuangan sampah di wilayah agak terganggu akibat hal tersebut,” katanya.

Dia menjelaskan kondisi ini masih belum normal akan tetapi perapian terus berjalan setiap hari. Hamid sendiri menargetkan proses ini selesai 7 Hingga 10 hari sejak hari pertama penanganan.

BACA JUGA: Prabu PL Dorong Pemerintah Perhatikan Pemulung di TPAS Burangkeng

Berdasarkan pantauan wartawan pojoksatu.id di lokasi masih tampak antrean truk yang membuang sampah. Akan tetapi proses pembuangan sampah dari truk sudah berjalan meski belum normal. (Andi Saddam)