Target BIAN Puskesmas Setu 2 Hampir Tercapai

Target BIAN Puskesmas Setu 2 Hampir Tercapai
Kepala Puskesmas Setu 2 Isniyati Machmud (baju biru). Foto: Pojoksatu.id/Andi Saddam

POJOKSATU.id, BEKASIPuskesmas Setu 2 mencatat pencapaian BIAN atau bulan imunisasi anak nasional sudah mencapai 98,16 persen per 19 September 2022.


Kepala Puskesmas Setu 2 menjelaskan ada 4.857 anak target capaian dan saat ini baru 4.278 anak. Sementara 576 akan dikejar hingga akhir September 2022.

Kepala Puskesmas Setu 2 Isniyati Machmud menjelaskan pihaknya berusaha untuk memenuhi target 100 persen capaian Bian.


“Kita akan sweeping ya, karena sudah by name by address. Kita akan ajak lagi untuk imunisasi karena kemarin mungkin sedang sakit jadi tidak bisa datang ke posyandu,” tutur dia saat diwawancarai di Ragemanunggal, Jumat, 23 September 2022.

BACA JUGA: Warga Cijengkol Antusias Sambut BIAN

“Kalau sesuai target kita akan pendekatan dan penyuluhan lagi, kita ajak aparat bersama-sama dari desa dan lintas sektor, karena beberapa takut anaknya sakit disuntik dua kali,” sambung dia.

Dalam waktu yang tergolong singkat Puskesmas Setu 2 dapat mencapai target 90 persen lebih Karena melakukan pemetaan di posyandu.

“Nanti sisanya program lain jalan, kita terjadwal berapa sih harus sasaran di sini kemudian kita serahkan ke bidan desa untuk sweeping. Untuk program ada yang kurang, tolong cari kapan dia harus kembali,” tuturnya.

Dia melihat antusias masyarakat dalam program BIAN ini cukup baik dan tidak ada hambatan berarti.

Beberapa golongan masyarakat enggan disuntik karena takut anaknya sakit dan beberapa juga tidak ingin disuntik karena faktor keyakinan.

Sejauh ini Puskesmas Setu 2 menerjunkan 6 tim di 6 Desa di mana satu tim terdiri atas 2 orang.

“Kita rata-rata setiap desa sudah di atas 95 persen semua ya,” demikian kata dia. (Adika F Utomo)