Puluhan Bangunan Liar di Bantaran Kali Jati Digusur

Puluhan Bangunan Liar di Bantaran Kali Jati Digusur
Alat berat menggusur puluhan bangunan liar di wilayah Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kamis, 22 September 2022. Foto: Pojoksatu.id/Adika Fadil

POJOKSATU.id, BEKASI – Satpol PP Kota Bekasi menggusur puluhan bangunan liar yang berada di bantaran Kali Jati, Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis, 22 September 2022.


Wartawan Pojoksatu.id di lokasi melaporkan penggusuran ini sempat sempat mendapat penolakan oleh warga sekitar. Sebab, tempat tersebut merupakan tempat usaha bagi warga sekitar.

Tidak hanya ada tempat dagang warga sekitar, di tempat tersebut juga ada 3 Organisasi Masyarakat (Ormas) yang berada di bantaran Kali Jati. Tiga ormas yang berada di lokasi yakni Pemuda Pancasila, BPPKB Banten, dan GIBAS.


Kasatpol PP Kota Bekasi, Abi Hurairah, menerangkan penggusuran ini dilakukan sepanjang bantaran Kali Jati.

BACA JUGA: Pemilik Bangunan Liar Nangis Dapat Rp 15 Juta dari Dedi Mulyadi

“Kalau sampai saat ini yang kita tertibkan 50-60 lapak bangunan,” terang Abi, kepada Pojoksatu, Kamis 22 September 2022.

Abi menerangkan, bahwa dalam penertiban bangunan liar yang berada di wilayah tersebut pihaknya tidak mengalami kendala.

Gak ada. Gak ada kesulitan,” terangnya.

Sekretaris Dinas, pada Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, Solikhin, menerangkan, penggusuran ini sendiri nantinya pihak Pemkot Bekasi akan digunakan untuk membuat taman ataupun pelebaran jalan.

BACA JUGA: Kejaksaan Temukan Kerugian Negara Hingga Rp36 Miliar dalam Pembangunan RSUD Parung Bogor

“Sepanjang ini yang dipakai untuk lapak ini kita bersihkan nanti rencana akan buat taman kalau perlu kita lebarkan ini badan jalan,” tegasnya.

“Jadi kita akan upayakan untuk ruang publik intinya, kalau teman-teman kesini kan nyaman jadinya ada taman jogging track, kalau kondisi gini kan kelihatan kumuh,” kata dia memungkas. (Adika F Utomo)