Lurah Burangkeng Sebut Jumlah Minimal KK dalam 1 RT Harus Direvisi

Lurah Burangkeng Sebut Jumlah Minimal KK dalam 1 RT Harus Direvisi
Lurah Burangkeng, Nemin bin Sain. Foto: Dok. Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, BEKASILurah Burangkeng Nemin bin Sain mengusulkan revisi Peraturan Bupati Bekasi Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Pembentukan RT dan RW. Terutama dalam salah satu pasal tentang minimal kepala keluarga di satu RT.


Usulan revisi disampaikan Nemin yang berkirim surat kepada Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan secara langsung.

“Jadi saya minta kepada Pemerintah Daerah untuk merubah Perbup. Di pasal 6 Ayat 2 berbunyi minimal RT itu 40 KK. Menurut perkembangan jaman, dengan semakin banyaknya penduduk, kalau hanya satu RT itu hanya 40 KK, itu banyak sekali warga yang ingin pemekaran dengan dasar Perbup 16 Tahun 2010,” kata Nemin kepada awak media, Kamis, 22 September 2022.


Dengan jumlah hanya minimal 40 KK, maka banyak RT yang mengajukan pemekaran. Hal itu, menurut dia menambah beban anggaran desa.

BACA JUGA: Pemilihan Ketua RT dan RW Serentak di Burangkeng, Tim Monitoring Tinjau Langsung

“Masa anggaran kita habis hanya untuk tunjangan RT/RW. Jadi saya pikir mengingat hal itu Bupati segera merubah Perbup, minimal 100 KK lah per RT,” tutur dia.

Nemin mengatakan usulan pemekaran paling banyak di komplek perumahan. Di wilayah perkampungan sendiri satu RT bisa berjumlah hingga 260 KK.

“Yang banyak mau pemekaran itu perumahan karena mengacu dengan Perbup. Semua desa merasakan. Kepala Dinas pernah melarang jangan kepala desa ada pemekaran RT, cuma ada Perbup, di Perbup 40 KK,” paparnya.

Sehingga, apabila jumlah minimal KK di suatu RT menjadi 100, maka usulan pemekaran dapat dihindari.

BACA JUGA: DPMD Kaji Aturan 1 RT Minimal 100 KK

“Perubahan perbup ini bisa dilibatkan beberapa desa, termasuk kami yang mengusulkan revisi Perbup itu. Karena ada beberapa yang harus dirubah,” ucapnya.

“Saya (Pemdes Burangkeng) aja hampir 1,9 milyar. Kemarin ada beberapa penggabungan, ada beberapa RT yang saya gabung, yang kurang dari 40,” tuturnya. (Andi Saddam)