Pendaftaran Panwascam Segera Dibuka, Siapkan Berkas dan Mental

Pendaftaran Panwascam Segera Dibuka, Siapkan Berkas dan Mental
Ingat, pendaftaran panwascam mulai dibuka tanggal 21 September. Foto: Instagram.com/bawaslukotabekasi

POJOKSATU.id, BEKASI – Bagi kamu yang ingin ikut serta dalam penyelenggaraan pemilu di tingkat kecamatan tempat kamu tinggal Kamu harus mempersiapkan diri


Dalam waktu dekat badan pengawas Pemilu Republik Indonesia akan membuka pendaftaran panwascam atau Panwaslu Kecamatan di sejumlah wilayah termasuk kota dan kabupaten Bekasi.

Pendaftaran panwascam akan dibuka tanggal 21 September hingga 27 September 2022. Jadi, masih ada waktu untuk kamu mempersiapkan berkas.

Seorang anggota panwascam terdiri atas 3 orang di tiap kecamatan dan mereka bertugas mengawasi penyelenggaraan pemilu di tingkat kecamatan.


BACA JUGA: 86 Nama Anggota Dicatut Partai Lain, PKS Kota Bogor Datangi Bawaslu

Tugas utama anggota panwascam adalah memastikan tidak ada pelanggaran tahapan pemilu di tingkat kecamatan dan juga mencegah praktik politik uang oleh para peserta pemilu.

Bagi kamu yang ingin menjadi panwascam juga harus dicatat bahwa kamu tidak boleh pernah menjadi anggota Partai politik atau jika pernah telah mundur sekurang-kurangnya 5 tahun saat mendaftar.

Kamu juga dilarang keras pernah menjadi anggota tim kampanye salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden calon DPR dan DPRD serta paslon kepala daerah.

BACA JUGA: Bawaslu Kabupaten Bogor Buka Posko Pengaduan untuk Masyarakat yang Namanya Dicatut Parpol

Kemudian bersedia mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan jabatan di BUMN atau BUMD ketika terpilih.

Karena pekerjaan sebagai panwascam ini full time sehingga kamu memang harus menyiapkan diri untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu. (Andi Saddam/Pojoksatu.id)