Pembangun Proyek SPALD-S di Cikaregeman Berjalan

Pembangun Proyek SPALD-S di Cikaregeman Berjalan
Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Cikaregeman Mohamad Najar bersama anggotanya meninjau progres pembangunan SPALD-S di Dusun 1, Cikaregeman, Kabupaten Bekasi, Jumat, 2 September 2022. Foto: Pojoksatu.id/Andi Saddam

POJOKSATU.id, BEKASI – Pengerjaan proyek sistem pembuangan air limbah domestik setempat (SPALD-S) di Desa Cikaregeman, Setu, Kabupaten Bekasi, mulai berjalan untuk tahap pertama.


Ketua Kelompok Swadaya (KSM) Desa Cikaregeman, Mohamad Najar, bersama dengan anggotanya meninjau langsung pengerjaan tersebut di sejumlah titik RT 2 RW 1, Dusun 1.

“Tahapannya dibagi 3 termin, termin pertama 25 persen atau 22 titik. Ada 9 lokasi yang sudah dikerjakan, belum 100 persen,” tutur Jaenuddin, Jumat, 2 September 2022.

BACA JUGA: Cikaregeman Sabet Juara 1 Lomba Kesesuaian Busana dan Juara 2 Tumpeng


“Dibagi tiga tahap dari total 88. Jadi tahap pertama 22 titik, tahap kedua 40 titik, tahap ketiga 26 titik. Tahap pertama kita targetkan segera rampung,” sambung dia.

Najar, sapaannya, menjelaskan untuk SPALD-S ini akan dibuatkan bangunan dan biotek sudah berbentuk fisik termasuk instalasi listrik yang nanti disambungkan ke listrik pemilik rumah.

“Penerima program ini kemarin kita utamakan yang terkena stunting dan juga masyarakat miskin,” kata dia.

“Tahun ini tidak dapat 88 unit tapi masih ada yang mengajukan jadi belum bisa tertampung semua, mudah-mudahan tahun depan yang belum realisasi bisa mendapat program ini,” demikian dia.

Tiap titik program SPALD-S ini dianggarkan sebesar Rp9 juta. Program ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022. (Andi Saddam/Pojoksatu.id)