Pilkada 2024 Kabupaten Bekasi, KPUD Bakal Terima Kucuran dari Provinsi dan APBD

Pilkada 2024 Kabupaten Bekasi, KPUD Bakal Terima Kucuran dari Provinsi dan APBD
Ketua KPUD Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin. Foto: Dok. Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, BEKASI Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi kemungkinan akan mendapat kucuran dana hibah dari KPU Jawa Barat.


Ketua KPUD Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin menjelaskan pihaknya memperkirakan akan mendapat kucuran hibah dana hibah dari KPU Jabar sebesar Rp22,9 miliar.

Jajang Wahyudin menjelaskan bahwa anggaran Pilkada 2024 Kabupaten Bekasi berasal dari KPU pusat.


“Sedangkan kalau Pilkada perkiraan cost sharing dari KPU Jawa Barat sebesar Rp22,9 miliar,” katanya.

BACA JUGA: Anggaran Pilkada 2024 Kabupaten Bekasi Ditakar Rp45 Miliar Lebih

Kata dia, dana hibah dari KPU Jabar itu tertuang pada surat KPU Provinsi Jawa Barat nomor 358/PP. 01-SD/32/2002 per tanggal 22 Maret 2022

Lanjut Jajang Wahyudin, dalam surat tersebut dana hibah untuk Kabupaten Bekasi diperkirakan 15,3 persen dari total anggaran KPU Jawa Barat.

Jajang Wahyudin mengatakan dana hibah dari KPU Jabar itu nanti akan digunakan untuk membayar Honor PPK (panitia pemilihan kecamatan) dan sekretariat PPS (panitia pemungutan suara) dan sekretariat sama PPDP (panitia pemutahiran data pemilih) dan perlengkapan TPS.

Angka Rp22,9 miliar tersebut masih sebatas perkiraan lantaran belum ada kepastian berapa banyak dana yang yang diperoleh KPU Jawa Barat.

Jajang Wahyudin menjelaskan ada kemungkinan angka itu berkurang atau bertambah dari perkiraan awal.

“Kami belum bisa memastikan jumlahnya, karena saling keterkaitan kebijakan dan regulasi dengan pelaksanaan Pilgub Jabar yang berbarengan juga.

“KPU Jabar juga masih memproses payung hukum dari Pemprov sebagai dasar penerimaan tersebut,” jelas dia.

Selain dari KPU Jawa Barat, KPUD Kabupaten Bekasi juga akan menerima dana hibah yang bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi titik besaran dana hibah itu juga masih belum diketahui hingga detik ini. (Adika Fadil/pojoksatu.id)