Daulat Kertarahayu Jadi Lokasi Gebyar Desa, Gubernur RK Apresiasi

Daulat Kertarahayu Jadi Lokasi Gebyar Desa, Gubernur RK Apresiasi
Kepala Desa Kertarahayu Rudi Catur Pribadi, saat diwawancarai wartawan, Selasa, 15 Agustus 2022. Foto: Istimewa

POJOKSATU.id, BEKASI – Desa Kertarahayu didaulat menjadi lokasi Puncak perayaan Gebyar Desa Tahun 2022 yang diselenggarakan secara meriah tahun ini.


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta konvoi kendaraan bermotor tiba di desa Yang masih asli tersebut pada pukul 16.00 oleh masyarakat desa Kertarahayu, Selasa, 16 Agustus 2022.

Kang Emil, sapaan warga, mengatakan Desa Kertarahayu menjadi percontohan untuk desa-desa lain agar dapat maju dan berkembang.


Provinsi Jawa Barat pun sudah menyiapkan mobil serbaguna atau maskara (Mobil Aspirasi Kampung Juara) untuk desa maju.

BACA JUGA: Gebyar Desa, Gubernur Ridwan Kamil Beberkan Kemajuan Desa di Jawa Barat

“Dalam hal ini yang naik-naik kelas saya kasih mobil, namanya mobil serbaguna atau maskara yang tentunya memotivasi agar desanya semakin maju, seperti di Desa Kertarahayu ini ya, yang sangat luar biasa,” papar Kang Emil.

Desa Kertarahayu dipilih lantaran desa ini terbilang unik di tengah perkembangan industri di Kabupaten Bekasi. Desa ini tak ada satupun perumahan modern, hanya ada rumah warga dan beberapa rumah adat.

“Satu-satunya desa yang masih hijau, tak ada perumahan modern dan industri. Itulah mungkin bisa dijadikan paru-parunya Kabupaten Bekasi,” kata Kepala Desa Kertarahayu Rudi Catur Pribadi.

Di Desa Kertarahayu nuansa masih sangat asri. Desa ini terkenal dengan tempat wisata Kampoeng Kita. Rudi mengatakan Desa Kertarahayu menargetkan menjadi desa maju.

Berdasarkan penuturan Rudi, tahun depan Desa Kertarahayu menargetkan diri untuk menjadi Desa Mandiri titik tahun depan pun desa ini dijanjikan untuk mendapat mobil maskara sebagaimana desa lainnya yang telah mencapai status mandiri.

Kertarahayu sendiri menyabet juara satu dalam program P2WKSS ditingkat Jawa Barat pada tahun 2021 lalu. (dam/pojoksatu)