Gebyar Desa, Gubernur Ridwan Kamil Beberkan Kemajuan Desa di Jawa Barat

gebyar desa, gubernur jawa barat beberkan kemajuan desa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan keterangan di lokasi Gebyar Desa, Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Senin, 15 Agustus 2022. Foto: Pojoksatu.id/Andi Saddam Khusein

POJOKSATU.id, BEKASI – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambangi Kabupaten Bekasi tepat pada hari jadi ke-72 Kabupaten Bekasi, Senin, 15 Desember 2022.


Ridwan Kamil beserta istri Atalia Praratya, beserta dengan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan dan jajaran mengendarai motor menuju rute yang telah ditentukan.

Konvoi motor dimulai dari Desa Lambangsari di Tambun Selatan, kemudian berlanjut ke Desa Lubangbuaya dan Desa Telajung.


Setelah itu rombongan beranjak ke Desa Cibening dan Desa Cikedokan. Titik terakhir berada di Desa Kertarahayu, sebuah desa agrowisata yang berada di Setu.

BACA JUGA: Persiapan Desa Cibening Sambut Gebyar Desa

Dalam setiap titik pemberhentian di desa-desa, Ridwan Kamil dan istri mendapat sambutan yang meriah. Produk UMKM dari sejumlah kecamatan juga dipamerkan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan desa di Jawa Barat makin juara dari Desa Mandiri alias bintang 5 yang tadinya hanya 37 sekarang sudah 1.031 sejak ia menjabat sebagai gubernur tahun 2018.

“Dari desa tertinggal tadinya 900-an sekarang sudah nol. Ini wajib dikutip oleh media supaya membangkitkan semangat, supaya menginspirasi,” jelas dia dalam sesi wawancara.

“Karena saya yakin masa depan itu adalah di desa asal kuasai digital. Kalau itu dikuasai, maka tinggal di desa rejeki Jakarta, rezeki kota bisnis pun mendunia,” sambung dia.

BACA JUGA: Desa Tamanrahayu Pamerkan Produk UMKM Khas

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil memberikan sejumlah mobil aspirasi kampung juara (maskara) kepada desa yang naik kelas menjadi desa mandiri.

“Saya kasih mobil namanya mobil serbaguna, mobil maskara yang tentunya memotivasinya luar biasanya makin maju seperti desa di Kertarahayu ini yang sangat luar biasa,” demikian dia.

Pada kesempatan itu Ridwan Kamil juga berkesempatan bercengkrama dengan warga Desa Kertarahayu dan memberi hadiah berupa uang tunai dan sepeda bagi yang dapat menjawab pertanyaan. (dam/pojoksatu)