Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absen Online Berbasis Web

Aplikasi Absen Online Berbasis Web by Mekari.
Aplikasi Absen Online Berbasis Web by Mekari.

POJOKBANTEN.com – Perkembangan dunia digital yang kini kian pesat memudahkan kita dalam menjalankan berbagai aktivitas khususnya dalam dunia kerja.


Kini aplikasi absen online berbasis web sudah banyak diterapkan oleh perusahaan guna memonitor kinerja karyawannya.

Dalam ruang lingkup perusahaan, karyawan adalah aset yang sangat penting. Karyawan merupakan tenaga penggerak perusahaan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Karena hal itulah absensi karyawan merupakan hal yang sangat vital dalam lingkungan kerja.

Tugas seorang Human Resources Department atau HRD adalah memastikan kehadiran para karyawan mulai dari kehadiran hingga keterlambatan.


Sebelum berkembangnya dunia digital di industri 4.0 seperti sekarang, dulunya kita masih menggunakan absensi secara manual menggunakan kertas atau fingerprint.

Baca Juga : Manfaat Menggunakan Sistem Payroll Untuk Penggajian Karyawan

Sejak pandemi Covid-19 banyak perusahaan atau instansi yang menerapkan sistem bekerja dari rumah atau yang dikenal dengan istilah WFH (Work From Home).

Karena hal inilah absensi karyawan menjadi terkendala sehingga menyulitkan atasan untuk menilai kinerja karyawannya. Lantas bagaimana peran aplikasi absen online berbasis web ini?

Keuntungan Menggunakan Aplikasi absen Online Berbasis Web

Karena berkembangnya teknologi, kini aplikasi absen online berbasis web membawa banyak kelebihan dibandingkan absensi manual khususnya dalam absensi karyawan yang bekerja dari rumah.

1. Waktu Absensi Lebih Akurat

Employee attendance application merupakan sistem absensi berbasis online yang terhubung pada perangkat smartphone atau laptop. Waktu yang ada di smartphone menunjukkan waktu secara otomatis yang sudah disesuaikan dengan waktu global.

Dengan begitu kita tidak perlu mengaturnya sendiri agar sesuai dengan perangkat komputer yang ada di kantor.

Misalnya, karyawan mengisi absen kehadiran pada pukul 8.00 Pm, maka absensi yang ada di kantor juga akan terisi secara otomatis pada waktu yang sama.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu SIMPEG: Manfaat, Fungsi dan Fitur yang Wajib Ada

2. Efisiensi Biaya

Aplikasi absen online berbasis web ini tidak membutuhkan perangkat fisik mesin absensi ataupun pemasangan. Jadi Anda hanya perlu mendaftar, dan menggunakan smartphone atau laptop untuk mengaksesnya.

3. Minim Kecurangan

Mungkin Anda pernah melihat di luar sana ada banyak karyawan yang hanya mengisi absensi kehadiran lalu keluar dari lingkungan kerja demi kepentingan pribadi.

Karena Aplikasi absen online berbasis web ini telah dilengkapi fitur pelacakan GPS, sehingga perusahaan dapat memantau kondisi kerja para staf yang sering keluar.

4. Rekapitulasi Jadi Lebih Mudah

Jika perusahaan Anda menggunakan sistem penggajian karyawan berdasarkan tingkat kehadirannya, maka aplikasi ini sangat membantu Anda dalam meninjau kehadiran karyawan, mulai dari kehadiran, keterlambatan, semuanya tercatat secara otomatis tanpa memindahkannya secara manual.

Baca Juga : Alasan Perusahaan Besar dan UMKM Perlu Menggunakan Aplikasi Payroll

5. Membuat Karyawan Lebih Produktif

Tenaga dan waktu yang dibuang dalam perjalanan ke kantor hanya untuk mengisi absen lalu kembali ke tempat mereka bertugas bisa digunakan untuk melakukan banyak hal yang bermanfaat bagi perusahaan.

Begitupun juga dengan halnya ketika karyawan ingin mengajukan permohonan cuti. Ada banyak hal yang harus mereka lakukan, mulai dari mengisi formulir, mengajukan permohonan, belum lagi menunggu permohonan mereka diapprove semuanya hanya membuang-buang waktu.

Dengan sistem employee attendance application ini karyawan bisa mengajukan cuti atau lembur hanya dengan menggunakan smartphonenya saja.

Setelah karyawan mengajukan permohonannya, maka secara otomatis langsung muncul notifikasi di aplikasi atasan. Jadi sang atasan bisa melihatnya di manapun meskipun tidak sedang berada di kantor.

Penggunaan aplikasi absen online berbasis web tidak hanya menguntungkan bagi pihak perusahaan, tetapi juga bagi karyawan. Nah buat Anda yang berminat, bisa menggunakan aplikasi berbasis online dari Talenta by Mekari.

Baca Juga : Rekomendasi 10 Aplikasi Pembukuan Toko Terbaik untuk Bisnis yang Menguntungkan

Talenta by Mekari ini adalah solusi absensi karyawan yang menawarkan banyak kelebihan, salah satunya tersedia fitur tangkapan layar yang dapat disetting dengan random di dalam server. Jadi fitur ini mampu menangkap layar monitor (screen capture) guna mengetahui detail pekerjaan yang dikerjakan karyawan.

Tentunya fitur ini tetap menghormati privasi karyawan karena hasil tangkapan layarnya memiliki resolusi yang rendah. Dengan Talenta by Mekari pimpinan perusahaan dapat menganalisa total jam kerja karyawan dengan mudah di manapun dan kapanpun.

Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing.

Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Baca Juga : HRD Wajib Tahu: Laporan Absensi Kehadiran Karyawan, Pengertian, Contoh dan Manfaatnya

Kelebihan Talenta by Mekari:

1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari aplikasi absen Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah.

Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh aplikasi absen Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

● Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.

● Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.

● Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.

● Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, dan Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik

2. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang efektif dan responsif

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi absen Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal.

Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal.

Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.com . Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.***