Pemkot Serang Belum Miliki Anggaran Gaji P3K

Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin

POJOKBANTEN, SERANG – Instruksi Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) pada awal Desember 2018, sepertinya tidak mengkaji soal ketersediaan anggaran di setiap daerah, terutama Kabupaten/Kota.


Salah satunya terjadi di Kota Serang, dimana Pemerintah Kota (Pemkot) Serang tidak akan membuka lowongan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K.

Pasalnya, Pemkot tidak memiliki anggaran untuk pelaksanaan program tersebut.

Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin mengatakan, Pemkot Serang belum siap membuka P3K setara PNS.


Sebab, program ini lahir di bulan Januari di saat APBD sudah disahkan. “Tapi karena emang perintah mau gak mau nanti kita sisir, kita duduk bersama dulu,” katanya di sela-sela acara RKPD Pemkot Serang, Selasa (12/2/19).

Subadri juga mengungkapkan, bukan hanya di Kota Serang saja yang belum dianggarkan, tapi juga di daerah lain seluruh Indonesia belum menganggarkan itu.

“Saya yakin semua daerah di  Indonesia juga belum dianggarkan semuanya bukan hanya Kota Serang saja, karena program itu lahir setelah Januari dimana anggaran untuk 2019 sudah dianggarkan,” bebernya.

Hal tersebut diamini Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang, Yoyo Wicahyono.

Menurutnya saat ini untuk sementara Pemkot tidak membuka pendaftaran P3K.

“Bukan masalah berapa-berapa tapi gajinya dari mana. Kalau ngangkat siapa yang gajinya nanti, meskipun surat pemberitahuan dari pusat sudah turun, tapi Pemkot Serang belum siap,” ujarnya.

(dinar/pojokbanten)