Quattrick WTP, Pemkot Bandung Raih Penghargaan dari Kementerian Keuangan

Wali Kota Bandung Yana Mulyana terima pernghargaan dari Kementerian Keuangan atas raihan opini WTP 4 kali berturut
Wali Kota Bandung Yana Mulyana terima pernghargaan dari Kementerian Keuangan atas raihan opini WTP 4 kali berturut

POJOKSATU.id, BANDUNG – Atas raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 4 kali berturut-turut, Pemkot Bandung meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.


Penilaian WTP quatrick Pemkot Bandung itu diraih dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) pada 2018 sampai 2021.

Penghargaan diberikan Plt Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Barat, Arif Wibawa mewakili Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Penghargaan tersebut diterima langsung Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Pendopo Kota Bandung Jalan Dalem Kaum, Kamis 1 Desember 2022.


Yana Mulyana menyampaikan, penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi dari seluruh jajaran untuk mewujudkan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah.

BACA: Wali Kota Bandung Sebar Penghargaan, Ini Deretan ASN Berprestasi Kota Bandung Tahun 2022

“Selama ini Pemkot Bandung terus berupaya menjalankan kewajiban dalam rangka mengelola secara transparan, akuntabel, efisien dan efektif. Opini WTP menjadi kepatutan bagi pemerintah,” jelas Yana.

Kendati demikian, Yana mengaku akan terus memperbaiki pengelolaan keuangan Pemkot Bandung.

Mulai dari tata kelola aset serta semua hal yang material sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.

“Alhamdulillah hari ini diberi bonus lagi oleh Bu Menteri. Mudah-mudahan ini bisa memotivasi kami terus untuk lebih baik,” ujar Yana.

Sementara itu, Plt Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Barat, Arif Wibawa menyampaikan, penghargaan ini merupakan amanat Kementerian Keuangan atas prestasi Kota Bandung WTP 4 Kali beruntun.

BACA: Sekda Bandung Serahkan Langsung Bantuan Gempa kepada Bupati Cianjur

“Kami datang ke sini menyampaikan amanat dari Ibu Menteri. Karena Kota Bandung mendapat WTP secara beruntun,” kata Arif.

“Pada dasarnya alokasi APBD itu dari Pemda dan ada sebagian dari pusat digunakan secara bertanggungjawab demi kesejahteraan masyarakat itu yang diharapkan,” imbuhnya. (Arief/pojoksatu)