Pemkot Bandung Imbau Warga tak Parkir di Bawah Pohon, Hindari Pohon Tumbang

Pemkot Bandung imbau pemilik kedaraan tidak parkir di dekat pohon untuk menghindari tertimpa pohon tumbang

POJOKSATU.id, BANDUNG – Para pemilik kendaraan di Kota Bandung diimbau tidak parkir di bawah pohon untuk menghindari hal tak diinginkan, seperti pohon tumbang.


Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Bandung, Rizki Kusrulyadi menyatakan, saat ini tengah memasuki cuaca ekstrim.

“Makanya kami imbau sebaiknya menghindari parkir di sekitar pohon. Baiknya hindari dulu,” imbaunya, Jumat 7 Oktober 2022.

Sebelum musim penghujan, pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan melakukan pemangkasan pohon.


“Bahkan kalau perlu, ketika rawan dilakukan penebangan diganti dengan pohon baru,” jelasnya.

BACA: Penanganan Banjir di Kota Bandung, Pemkot Siapkan Berbagai Cara

Menghadapi musim saat ini, Rizki mengaku telah berkordinasi dengan kewilayan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat pohon tumbang.

“Kalau cuaca ekstrem itu sulit diprediksi. Karena memang kondisi akar pada pohon itu terkadang tidak bisa terdeteksi dari luar.”

“Kami terus komunikasi intens dengan aparat kewilayah untuk ditindaklanjuti,” katanya.

Ia juga berharap kepada masyarakat untuk memelihara pohon sebagaimana layaknya.

“Kita meminta kepada warga agar tidak membakar sampah dekat pohon. Kalau dilakukan jangka waktu lama itu rawan tumbang dan rusak,” tegasnya.

BACA: 2 Jam Hujan Deras Bandung, 2 Pohon Tumbang Timpa Mobil

Rizki menegaskan soal tim pengamanan pohon juga terus berupaya setiap hari menyisir Kota Bandung untuk memastikan tanaman tersebut aman.

“Selalu bergerak setiap hari. Soal pemangkasan tentunya di Kota Bandung cukup luas, diprioritaskan wilayah yang banyak ditanam pohon,” ujarnya. (Arief/pojoksatu)