Hore…Ada Pelayanan Gratis KB Jangka Panjang dari DPPKB Kota Bandung

Pelayanan KB gratis yang dilakukan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bandung

POJOKSATU.id, BANDUNG – Warga Kota Bandung mendapatkan pelayanan KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bandung.


Pelayanan MKJP IUD dan Implan dilaksanakan di Bidan Praktek Mandiri Bidan Sri Kecamatan Coblong.

Sedangkan metode MKJP Kontap Wanita MOW (Metode Operasi Wanita) dan Kontap Pria MOP (Metode Operasi Pria) dilaksanakan di RSAU dr Salamun.

Pelayanan IUD dan Implan diberikan kepada 50 akseptor warga kecamatan Coblong, dan pelayanan MOW 40 akseptor, sedangkan pelayanan MOP pada 3 akseptor, dari berbagai Kecamatan di Kota Bandung.


Kabid KB DPPKB, Rosye Arosdiani Apip menyebutkan, KB merupakan salah satu usaha pemerintah untuk menekan tingkat pertumbuhan penduduk di Kota Bandung.

BACA: Warga Bandung Diminta Waspada Bencana, Bisa Telepon ke Nomor Ini

Kayanan ini terintegrasi dengan kegiatan percepatan penurunan stunting, juga kegiatan percepatan penurunan angka kematian Ibu dan Bayi.

Termasuk sebagai salah satu upaya sosialisasi pemenuhan hak-hak reproduksi kepada masyarakat.

“Harapannya seluruh psangan usia subur Kota Bandung bisa untuk memahami dan merencanakan reproduksinya untuk bisa mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera dengan perencanaan keluarga yang baik,” ujar Rosye, Rabu 5 Oktober 2022.

Pada 2022, target pelayanan MOW sebanyak 351 dan MOP 16. Sedangkan sampai hari, ini sudah terlaksana sekitar 250 MOW, dan 14 MOP,

BACA: Pemkot Bandung Apresiasi Astanaanyar Manfaatkan Lahan jadi Saskia Gotik

“Diharapkan sampai akhir tahun bisa memenuhi target yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Untuk diketahui, pelayanan KB MOW dan MOP adalah pelayanan KB dengan metode operasi.

Sebelum pelaksanaan operasi, akseptor diharuskan melakukan screening kesehatan termasuk rapid antigen untuk memastikan semua akseptor yang dilakukan tindakan dalam kondisi sehat.

Pelayanan MOW dilaksanakan secara rutin setiap 2 minggu sekali di RSAU dr Salamun, RSIA Graha Bunda dan RSUD Bandung Kiwari. (Arief/pojoksatu)