Ade Puspitasari Dorong Penerbitan Perda Desa Wisata, Akui Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Anggota DPRD Jawa Barat, Ade Puspitasari.

POJOKSATU.id, BANDUNG – Anggota DPRD Jawa Barat, Ade Puspitasari mendorong percepatan penerbitan Peraturan Gubernur tentang Perda Desa Wisata.


Ade menilai, Peraturan Gubernur tentang Perda Desa Wisata ini sangat diperlukan untuk pempercepat realisasi perda di tengah masyarakat.

Sehingga, masyarakat dapat segera mengambil manfaat dari Perda Desa Wisata.

Ade menjabarkan, dengan adanya perda ini, maka pembinaan daya tarik wisata di desa akan difasilitasi dari aspek pembangunan aksesibilitas dan amenitas.


BACA JUGA : Ade Puspitasari Sayangkan Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Tak Maksimal, Banyak Masyarakat yang Tidak Tahu

Serta sarana dan prasarana pendukung desa wisata dalam bentuk bantuan keuangan dan hibah.

Pemerintahan daerah pun sebelumnya belum memiliki kebijakan mengenai bagaimana desa wisata ini diberdayakan.

Oleh karena itu, adanya Perda Desa Wisata diharapkan dapat memfasilitasi desa-desa di Jawa Barat yang memiliki potensi wisata untuk menjadi desa wisata sehingga akan berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pendapatan desa.

BACA JUGA : Ade Puspitasari Minta Ridwan Kamil Tuntaskan Pemerataan Infrastruktur Selama Sisa Tahun Ini

Adapun poin dalam Perda Desa Wisata itu di antaranya pemetaan dan pengembangan potensi desa wisata, pemberdayaan desa wisata, dukungan penyediaan infrastruktur desa wisata, dan sistem informasi desa wisata.

Kemudian, kerja sama dan sinergisitas, pemberian penghargaan, pembentukan forum komunikasi desa wisata, partisipasi masyarakat dan dunia usaha, pembinaan kepada pemerintah daerah kabupaten/kota, pengawasan dan pembiayaan.

BACA JUGA : Wisata Pasundan Kaya Sumber Daya Alam, Ade Puspitasari Minta Pemerintah Petakan Branding Terbaru

Ketentuan Perda Desa Wisata mengenai tata cara pemberian bantuan keuangan atau hibah diatur dengan peraturan gubernur tersendiri.