Manfaat Layanan Lapor SPT Online Menggunakan Aplikasi KlikPajak

Aplikasi KlikPajak by Mekari.
Aplikasi KlikPajak by Mekari.

POJOKBANDUNG.com – Lapor SPT Online merupakan salah satu kemudahan yang ditawarkan sekarang ini bagi wajib pajak dalam pengurusan pajaknya. Seperti yang kita ketahui bahwa mengisi SPT tahunan merupakan salah satu kewajiban bagi para wajib pajak.


Namun hingga saat ini sendiri masih banyak kalangan masyarakat maupun wajib pajak yang belum memahami mengenai SPT ini.

Istilah lapor SPT online mungkin sudah bukan hal yang asing lagi bagi mereka yang telah mempunyai NPWP.

Sebenarnya setiap warga negara pada dasarnya mempunyai status sebagai wajib pajak. Terlebih di zaman yang sudah serba canggih seperti sekarang karena berbagai transaksi pajak dapat dilakukan secara online termasuk lapor SPT online.


Sehingga bila Anda ingin membuat dan lapor SPT bisa dilakukan secara online dari mana saja. Dengan adanya layanan lapor SPT online ini membuat wajib pajak sangat terbantu dalam menyelesaikan masalah perpajakannya.

Namun sebelum membahas tentang layanan tersebut sebaiknya kita mengenal dan memahami apa itu SPT lebih dulu.

Baca Juga : Ingin Lapor PPN dengan Praktis, Klikpajak.id Memberi Anda Solusinya

Penjelasan SPT Dalam Administrasi Perpajakan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa SPT sendiri merupakan singkatan dari Surat Pemberitahuan Tahunan dalam pengurusan pajak.

Bagi Dirjen Pajak sendiri, SPT ini merupakan salah satu dokumen penting yang wajib diperhitungkan ketika wajib pajak membayar pajak. SPT ini sendiri juga dapat mengikat objek pajak maupun non pajak.

Dokumen SPT ini sendiri wajib dilaporkan oleh kalangan pribadi maupun badan usaha kurang lebih selama 3 bulan pada akhir tahun pembayaran pajak sudah berakhir.

Sehingga ini artinya wajib pajak dapat melaporkan SPT-nya paling lambat pada bulan Maret tiap tahunnya. Aturan yang satu ini merupakan salah satu aturan yang wajib diperhatikan oleh para wajib pajak baik pribadi maupun pekerja.

Namun bagi wajib pajak untuk kelangan badan usaha atau perusahaan, SPT-nya wajib dilaporkan paling lambat pada bulan April di tiap tahunnya.

Undang-undang sendiri telah membagi SPT ke dalam 2 jenis yaitu SPT masa dan tahunan. Saat pelaporan pajak, SPT masa hanya dapat digunakan ketika melaporkan pajak pada jangka waktu tertentu maupun bulanan.

Sedangkan SPT tahunan bersifat wajib dan harus dilaporkan di tiap tahunnya atau pada akhir periode tahun pajak.

Fungsi Surat Pemberitahuan Tahunan dalam Perpajakan

Meskipun fungsinya cukup penting dalam perpajakan, namun masih banyak masyarakat khususnya wajib pajak yang belum memahami lapor SPT online. Dalam hal perpajakan, SPT sendiri mempunyai beberapa fungsi utama yaitu :

Bagi masyarakat khususnya wajib pajak

SPT sebagai sebuah bentuk laporan yang dipakai untuk pertanggung jawaban atas perhitungan jumlah pajak selain fungsinya juga sebagai alat untuk memperjelas pembayaran pajak yang dilakukan individu maupun pihak lain.

Baca Juga : Tata Cara Mudah Menggunakan E-Filing Pajak Melalui KlikPajak

Bagi PKP atau Pengusaha Kena Pajak

Fungsi SPT disini adalah sebagai alat untuk pelaporan dan pertanggung jawaban atas semua hal tentang perpajakan. Umumnya di dalam SPT untuk PKP akan mencantumkan beberapa informasi tentang pajak PPN dan PPnBM.

Bahkan pada SPT ini juga akan terintegrasi dengan kredit pajak masukan dan keluaran.

Bagi pihak pemotong pajak

SPT disini biasanya hanya dilakukan kepada sebuah perusahaan sehingga lapor SPT online ini menjadi bukti bahwa semua pajak karyawan di dalam perusahaan tersebut telah dibayarkan perusahaan.

Bagi petugas pajak

Disini SPT mempunyai fungsi untuk menjadi alat penguji kepatuhan dari kalangan masyarakat wajib pajak terhadap peraturan yang berlaku. Bagi petugas pajak SPT juga menjadi bentuk pelaksanaan fungsi pengawasan dari para petugas pajak sendiri.

Saat akan melaporkan pajaknya, setiap kalangan masyarakat tentunya akan mendapatkan formulir yang berbeda-beda. Formulir yang akan diberikan tentunya akan disesuaikan dengan jenis pajak yang akan dilaporkannya.

Apabila wajib pajak tidak lapor SPT online maupun offline hingga melebihi batas waktu yang telah ditentukan nantinya akan diberikan sanksi.

Karenanya sebaiknya Anda rutin mengecek atau mengunjungi kantor pelayanan pajak terdekat untuk melaporkan SPT.

Cara Melaporkan SPT Oleh Wajib Pajak

Dalam melaporkan SPT, wajib pajak dapat melakukannya dengan beberapa cara yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap wajib pajak. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan wajib pajak dalam melaporkan SPT-nya :

1. Lapor SPT Offline

Melaporkan SPT secara offline dengan mendatangi langsung Kantor Pelayanan Pajak terdekat merupakan cara yang kini masih banyak dilakukan. Anda bisa meminta formulir SPT dengan jelas dan lengkap kepada pegawai pada kantor pajak.

Pastikan formulir diisikan dengan benar dan tidak ada kesalahan penulisan, setelah selesai maka Anda dapat menyerahkan formulir tersebut kepada petugas terkait.

Selanjutnya, petugas akan mengecek semua data Anda pada formulir tersebut, tunggulah selama beberapa menit. Setelah selesai maka Anda akan menerima bukti pelaporan pajak dan bukti ini sebaiknya disimpan dengan baik.

Pastikan bukti ini jangan sampai hilang dan rusak sebab pada beberapa kegiatan mengharuskan Anda memberikan bukti tersebut.

Baca Juga : Apa itu EFaktur Pajak? Yuk Simak Manfaat dan Jenis-jenisnya

2. Lapor SPT Online

Dengan memanfaatkan layanan lapor SPT online maka Anda tidak perlu repot lagi untuk datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak. Tentunya dibandingkan cara sebelumnya, cara yang satu ini akan lebih mudah untuk dilakukan.

Cara ini bisa Anda lakukan menggunakan layanan resmi dari Dirjen pajak maupun aplikasi resmi yang telah bekerja sama dan diawasi Dirjen Pajak seperti KlikPajak.

Namun sebelum dapat menikmati lapor SPT online, wajib pajak diharuskan memiliki EFIN untuk keamanan transaksi Anda.

EFIN ini bisa wajib pajak dapatkan dengan mengajukannya secara langsung kepada petugas di Kantor Pelayanan Pajak.

Setelah EFIN didapatkan pastikan untuk mengaktivasi akun SPT online lebih dulu, maka selanjutnya untuk pelaporan dan penyetoran pajak bisa dilakukan secara online.

3. Lapor SPT Melalui POS

Selain cara offline dan online, masih ada cara lapor SPT melalui kantor Pos. Cara ini umumnya dilakukan oleh mereka yang berada jauh dari kantor pelayanan pajak dan belum mengetahui cara lapor SPT online.

Disini Anda hanya perlu menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dan memasukkannya ke dalam amplop tertutup. Selanjutnya dokumen tersebut akan dikirimkan ke Kantor Pelayanan Pajak melalui jasa Pos Indonesia.

Untuk formulir yang dibutuhkan bisa Anda download melalui situs resmi Dirjen Pajak, pastikan tidak mengirimkan berkas dengan waktu yang mepet.

Setidaknya kirim berkas 2 minggu sebelum masa pelaporan berakhir, hal ini agar berkas-berkas Anda bisa diterima kantor pajak sebelum waktu pelaporan berakhir.

Manfaat Lapor SPT Online Menggunakan Aplikasi KlikPajak

Lapor SPT Online sendiri memang dapat dilakukan menggunakan aplikasi seperti KlikPajak. Sebab aplikasi tersebut memang telah bekerja sama dan diawasi langsung oleh Dirjen Pajak sehingga Anda tidak perlu khawatir akan keamanannya.

Ada beberapa manfaat yang bisa wajib pajak dapatkan dengan memanfaatkan layanan lapor SPT online menggunakan aplikasi KlikPajak :

1. Pelaporan yang mudah dan cepat

Layanan ini tentunya akan menghemat banyak waktu Anda dalam pengurusan pajak. Dengan pelaporan secara online maka Anda dapat mengisi semua formulir yang dibutuhkan melalui sistem tanpa perlu datang langsung ke kantor pajak.

Bahkan bila Anda masih bingung, tim support siap membantu dalam melakukan pengisian formulir.

Dengan sistem online juga membuat wajib pajak bisa segera menerima dan mendapatkan laporan SPT-nya.

Selain itu, pelaporan secara online juga dapat meminimalisir bahkan menghindari kesalahan yang umumnya dilakukan wajib pajak ketika melakukan pelaporan secara offline.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Absensi Kehadiran Online Terbaik 2022

2. Lebih aman dan akurat

Saat wajib pajak melakukan pengisian formulir SPT secara online maka sistem akan melakukan validasi untuk memastikan data yang diinputkan sudah tepat.

Keamanan data yang diinputkan juga telah terjamin karena KlikPajak merupakan aplikasi yang telah resmi dan legal.

Semua sistem pelaporan yang ada di dalam aplikasi telah bekerja secara otomatis. Dengan cara ini tentunya Anda juga dapat mengurus pelaporan SPT secara langsung tanpa perlu perantara orang lain.

3. Mengefisienkan biaya

Untuk melakukan pelaporan secara online maka Anda hanya membutuhkan jaringan internet yang stabil sehingga tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk transportasi ke kantor pelayanan pajak.

Selain itu pelaporan secara online juga dapat mengurangi penggunaan kertas sebab semua data telah tersimpan dalam database yang aman.

Penggunaan kertas dalam pelaporan tentunya rawan untuk rusak dan hilang, dokumen pajak sendiri merupakan dokumen penting yang harus selalu dijaga. Sebab dokumen pajak merupakan bukti sah kita telah menyetorkan pajak.

4. Dapat melaporkan berbagai jenis SPT

Dengan menggunakan aplikasi KlikPajak wajib pajak dapat melaporkan berbagai jenis SPT baik SPT Tahunan Pribadi, SPT Masa atau Bulanan dan SPT Tahunan Badan. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan untuk pelaporan pajak pribadi dan perusahaan.

5. Dapat dikustomisasi dan selalu sesuai dengan aturan terbaru

Keunggulan lainnya dari KlikPajak adalah aplikasi yang fiturnya dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan wajib pajak.

Meskipun secara umum semua prosedur pengurusan pajak sama, namun tentunya setiap perusahaan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

Disini KlikPajak juga menyediakan layanan untuk mengkustomisasi aplikasi agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tidak hanya itu saja, KlikPajak juga senantiasa untuk selalu mengupdate aplikasinya agar selalu sesuai dengan peraturan pajak terbaru. Sehingga wajib pajak tidak perlu repot untuk menyesuaikan fitur di dalamnya agar sama dengan aturan terbaru.

Baca Juga : Aplikasi Gudang: Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

6. Sistem keamanan terjamin

Wajib pajak juga tidak perlu khawatir akan keamanan data rahasia yang diinputkan ke dalam aplikasi. Sebab selain KlikPajak merupakan aplikasi resmi yang terdaftar dan diawasi langsung oleh Dirjen Pajak, aplikasi ini juga telah tersertifikasi ISO 27001.

Sehingga keamanan aplikasi ini sudah setara dengan keamanan data perbankan dan terbilang sangat sulit untuk dibobol oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

7. Tersedia fitur trial dan video demo

Untuk memastikan kliennya memang cocok untuk memakai aplikasi ini, KlikPajak juga menyediakan video demo aplikasi dan fitur trial yang bisa dinikmati secara gratis selama beberapa hari.

Tentunya dengan memakai aplikasi secara langsung, Anda akan lebih mengetahui tentang aplikasi sehingga lebih yakin ketika akan memakainya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan layanan lapor SPT online melalui aplikasi KlikPajak.

Tentunya pengurusan pajak melalui aplikasi juga akan lebih efektif dan efisien dibandingkan harus datang langsung ke kantor pajak.

Untuk info lebih lengkapnya bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi website resminya di https://klikpajak.id/ dan dapatkan dukungan serta layanan terbaik dari tim support yang ahli dan berpengalaman.***