Tips Agar Ketupat Lebaran Anda Lembut dan Tahan Lama

Ketupat

Ketupat

POJOKSATU.id – Hari raya Idul Fitri telah tiba banyak makanan yang disajikan saat Hari Raya Idul Fitri di rumah. Salah satunya adalah ketupat, ketupat biasanya disajikan dengan makanan opor ataupun rendang saat lebaran. Namun, banyak ketupat yang tidak lembut maupun tak tahan lama. Bagaimana solusinya?

Membuat ketupat yang lembut dan tahan lama tidaklah terlalu sulit, untuk membuat ketupat Anda enak dan tahan lama, ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Pertama yang harus dilakukan adalah memilih beras berkualitas dan bermutu. Setelah itu, cuci beras yang digunakan hingga bersih, kemudian rendam kurang lebih selama 30 menit agar tekstur ketupat menjadi lembut dan tidak cepat basi.

Takaran beras

Gunakanlah beras yang pulen, isilah ketupat dengan takaran 2/3 bagian saja. Ketika ketupat diisi dengan kualitas beras pera, maka Anda harus mengisinya dengan perbandingan 1/3 bagian pada selongsong ketupat.

Proses perebusan

Ketika memasuki proses pemasakan, Anda harus pastikan ketupat benar-benar terendam air seluruhnya agar matang dengan sempurna. Jika saat merebus air tampak menyurut,

Anda bisa menambahkannya dengan air mendidih agar proses pematangan terus berlangsung. Namun, bila ingin menikmati ketupat dengan sensasi gurih yang kuat, Anda bisa mengganti air dengan santan.

Penyimpanan

Ketika ketupat sudah matang, angkatlah ketupat lalu siram dengan air, dan gantung agar tidak ada air yang mengendap di dalam ketupat agar tidak cepat basi. lalu selanjutnya simpanlah ketupat di dalam lemari es dengan membungkusnya menggunakan kantung plastik terlebih dahulu. Dengan cara pembuatan ketupat seperti ini, ketupat Anda dapat bertahan hingga 4 sampai dengan 7 hari.

(hal/ps)


Feeds