Tips Mengajukan Kredit tanpa Agunan

ILUSTRASI

ILUSTRASI

GAJI seorang pegawai di daerah perkotaan rata-rata tiga juta perbulan. Dengan gaji sebesar itu, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari selama satu bulan, gaji hanya tersisa sedikit untuk ditabung. Jika terdapat keadaan mendesak yang memerlukan uang tunai dalam waktu cepat, beragam cara dapat ditempuh mulai dengan menggadaikan barang-barang seperti barang elektronik, surat berharga, maupun perhiasan ke pegadaian. Cara lainnya yang dapat ditempuh biasanya dengan mengajukan pinjaman beragunan ke pihak bank.

Tapi tahukah Anda, bahwa Anda dapat pula mengajukan kredit tanpa agunan meskipun gaji Anda tiga juta perbulan?

Meskipun demikian, tetap saja ada syarat yang harus dipenuhi calon peminjam yang hendak mengajukan kredit tanpa agunan tersebut. Salah satu syarat yang dikeluarkan pihak bank adalah calon peminjam harus memiliki kartu kredit. Dengan mendatangi bank yang dituju Anda bisa mengisi formulir pengajuan KTA sesuai dengan syarat yang berlaku.

Akan tetapi apabila Anda sibuk, Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan KTA secara onlineuntuk mempermudah proses pengajuan tanpa harus ke bank yang bersangkutan.

Untuk kartu identitas dan surat keterangan penghasilan, tentunya sangat mudah dipenuhi. Akan tetapi, bagaimana dengan kepemilikan kartu kredit? Mengapa pula bank menerapkan kepemilikan kartu kredit sebagai salah satu syarat mengajukan kredit tanpa agunan?

Dengan kartu kredit, pihak bank dapat menilai bagaimana sepak terjang seseorang dalam melakukan pembayaran tagihan kartu kreditnya. Bank dapat melihat bagaimana seorang pemilik kartu kredit mencicil tagihan dengan rutin tepat waktu atau sering kali tersendat pembayarannya..

Besarnya suku bunga yang ditetapkan masing-masing bank penyedia kredit tanpa agunan juga beragam, Anda dapat mencari info dan membandingkan besaran suku bunga dari beberapa bank yang memang menyediakan produk tanpa agunan.

Lantas jika kita tidak memiliki kartu kredit, bagaimana cara kita mendapatkan kredit tanpa agunan?. Memang ada beberapa bank yang menyediakan pinjaman KTA tanpa kartu kredit seperti bank QNB ataubank Panin, tetapi jumlah yang bisa dipinjamkan tidak sebesar KTA biasa dan tentu saja dengan bunga yang lebih tinggi.

Perusahaan kredit online menawarkan kredit tanpa agunan dengan syarat yang lebih ringan dibandingkan dengan persyaratan di bank. Persyaratan tersebut antara lain : kartu identitas calon peminjam, surat keterangan berpenghasilan, serta surat keterangan telah bekerja dengan jangka waktu minimal tiga bulan.

Meskipun syarat yang ditetapkan perusahaan kredit online lebih ringan, Anda tetap harus jeli melihat bagaimana mereka mengemas produk kredit tanpa agunan yang ditawarkan diantaranya adalah :

Anda harus jeli melihat berapa suku bunga yang mereka tetapkan, biaya administrasi dan biaya potongan lain yang menyertai produk kredit tanpa agunan mereka.

Perhatikan pula jangka waktu yang ditetapkan oleh lembaga kredit online tersebut. Pasalnya, seringkali jangka waktu pengembalian kredit tanpa agunan mereka lebih singkat dibandingkan dengan kredit tanpa agunan yang dipunyai bank.

Pilihlah perusahaan yang terkenal, semakin terkenal tentunya semakin baik. Cari informasi dari peminjam lain yang telah melakukan pengajuan kredit tanpa agunan di perusahaan tersebut. Bila Anda ragu, Anda bisa melihat referensi lembaga atau bank pilihan Anda (BACAB : portal keuangan terbaik cermati.com)

Tak lupa cari tahu bagaimana proses pinalti yang ditetapkan perusahaan kredit online jika Anda menunggak pembayaran.

Perhatikan dengan mendetail alamat url website perusahaan penyedia kredit online yang Anda pilih. Pasalnya jika salah pada satu huruf saja alamat URL-nya, hal tersebut dapat dimanfaatkan oknum jahat untuk mengumpulkan data diri Anda dan kemudian dapat disalahgunakan.

(*/inf)

Feeds