Cicilan KPR Naik ? Simak 3 Tips Mengatasinya

ILUSTRASI

ILUSTRASI

MEMILIKI rumah impian sudah menjadi keinginan banyak orang. Namun, harga jual yang tinggi menjadi masalah. Untungnya, kini ada program KPR yang menjadi solusi.

Dengan KPR, pembayaran yang dicicil setiap bulannya akan lebih memudahkan dalam mengatur keuangan. Beberapa produk KPR yang populer digunakan oleh masyarakat misalnya seperti KPR BNI murah yang ditawarkan oleh BNI atau KPR BTN Platinum olehBTN.

KPR yang biasanya mempunyai jangka waktu pembayaran dari lima hingga delapan tahun ini seringkali naik setelah beberapa tahun pembayaran dilakukan. Sebelum mengambil KPR Anda bisa menggunakan simulasi kredit rumah KPR, untuk mengecek kemampuan pembayaran cicilan. Berikut tiga tips yang layak ada simak untuk mengatasi kenaikan cicilan KPR seperti dinukil dari situs keuangan cermati.com:

1. Memilih KPR yang menyediakan bunga Fix terpanjang.

Didalam cicilan KPR, terdapat dua jenis bunga, bunga fix dan bunga floating. Bunga fix merupakan bunga yang besarannya tetap konstan dari awal hingga akir cicilan KPR. Misalkan saja bunga KPR 10% selama satu tahun, maka dalam satu tahun tersebut bunga KPR akan bernilai 10%, tidak akan naik dan juga tidak turun.

Sedangkan bunga floating merupakan bunga yang besarannya naik turun mengikuti suku bunga pasar yang mengikuti BI rate. Contohnya jika bunga pada bulan kemarin adalah 9% dan bulan ini dapat pula naik menjadi 10%.
Tingkat bunga fix yang ditetapkan bank yang menyertai KPR umumnya lebih rendah dibanding bunga floating. Bunga fix berkisar 9% dan bunga floating 13%.

Ketika perpindahan antara bunga fix menjadi bunga floating, cicilan KPR seringkali dirasa naik karena bunga cicilan KPR mengikuti suku bunga pasar BI rate. Selain itu setiap kali suku bunga pasar meningkat maka cicilan KPR juga akan mendapatkan imbas kenaikan.

Untuk itu, pada awal memilih produk KPR pilihlah produk KPR yang menawarkan bunga fix yang rentang waktu yang lebih panjang. Hal tersebut akan membuat cicilan KPR Anda dalam waktu yang panjang akan tetap konstan tanpa ada kenaikan.

Feeds