Tips Memilih Aki Mobil yang Benar

Ilustrasi

Ilustrasi

MEMILIKI sebuah kendaraan, khususnya mobil, tidak terlepas dari segala perawatan, hingga pergantian sparepart. Salah satu accu atau aki mobil.

Aki alias akumulator, adalah alat yang menyimpan energy. Biasanya energi listrik dalam, namun berbentuk kimia. Contoh dari aki ialah kapasitor dan baterai. Untuk orang Indonesia, aki mobil biasa disebut atau dipahami sebagai baterai mobil.

Dan saat ini sudah banyak jenis aki mobil. Tak heran para pemilik mobil semakin bingung dan merasa dilema harus memilih aki mobil yang mana. Terlebih jika berkenaan dengan harga aki kering mobil yang juga berbeda-beda.
Untuk itu, sebaiknya kenali terlebih dahulu tips dan cara dalam memilih aki mobil. Berikut tips dan cara memiliki aki mobil :

Aki Basah atau Aki Kering?

Kedua jenis aki ini sering membuat pemilik mobil merasa bingung untuk memilih. Kelebihan dari aki kering, berada pada kekuatan dan performanya yang jauh lebih bagus daripada aki basah. Namun, aki mobil ini tidak terlalu tahan dengan panas. Hanya saja, aki kering jauh lebih mahal dibanding aki kering.

Tidak membeli Aki Rekondisi

Harga yang tinggi memicu banyak orang untuk berbuat curang. Tidak sedikit penjual aki menjual barang rekondisi. Ditambah pembeli yang tidak cermat memilih (Baca juga: Honda Luncurkan Dua Mobil Tipe SUV Terbaru)

Kapasitas Aki

Perhatikanlah ukuran, bagian amper, tegangan hingga dimensi aki mobil anda. Sebaiknya Anda memilih aki sesuai dengan tegangan dan kapasitas yang sama dengan ukuran standar mobil Anda. Sebab, jika tegangan aki lebih besar dari standarnya, bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen kelistrikan mobil.

Garansi Aki

Tanyakan garansi aki yang akan Anda beli. Mintalah bukti garansi untuk menjamin keamanan aki yang akan dibeli.

Merek Aki

Pilihlah merek aki yang memang sudah terkenal dan memiliki kualitas yang baik. Beberapa merek yang selama ini sudah terkenal baik beberapa, diantaranya Dryfit, Delkor, G-Force, Hyundai, Global, Yuasa dan GS.Di Indonesia. Merek GS dan Yuasa menjadi merk yang cukup digemari dan paling banyak digunakan.

(red)


Feeds