Berkat Gadis 16 Tahun Ini, Apple Resmikan Emoji Jilbab

Emoji jilbab

Emoji jilbab

POJOKSATU.id, JAKARTA- Wanita berjilbab patut bangga. Raksasa teknologi Apple telah menyediakan fitur emoji jilbab yang dapat menyampaikan atau merepresentasikan perasaan wanita berjilbab lewat aplikasi berbagi pesan.

Kehadiran emoji jilbab di Apple tak lepas dari perjuangan gadis 16 tahun asal Wina, Rayouf Alhumedhi. Gadis berjilbab ini mengajukan gagasan emoji jilbab tahun lalu kepada The Unicode Consortium, perusahaan nirlaba yang mengulas dan mengembangkan emoji baru.

Seperti dilansir CNN, Selasa (18/7/2017), Alhumedhi senang karena Apple menerimanya. Emoji jilbab diresmikan pada hari Senin yang bertepatan dengan Hari Emoji Dunia. Emoji jilbab menjadi salah satu koleksi karakter emoji baru yang tersedia di perangkat Apple akhir tahun ini.

“Saya sangat senang dengan penampilannya (emoji jilbab). Saya melihat begitu banyak ide, warna dan gaya yang berbeda, tapi saya tidak tahu seperti apa akhirnya, saya sangat senang karena akhirnya keluar,” ucap Alhumedhi kepada CNN, Selasa (18/7/2017).

Alhumedhi pertama kali melihat emoji jilbab tersebut pada Senin malam, ketika seorang teman mengiriminya pesan yang terhubung ke artikel BuzzFeed.

Kurangnya Emoji Hijab Mengherankan

Alhumedhi pertama kali memiliki ide tentang emoji jilbab saat dia berbaring dalam tidurnya di Berlin, di mana dia tinggal bersama keluarganya selama lima tahun setelah pindah ke ibu kota Jerman dari Arab Saudi.

“Teman-teman saya dan saya sedang membuat obrolan berkelompok di WhatsApp, dan saya jelas tidak punya emoji untuk mewakili saya,” imbuh Alhumedhi.

“Fakta bahwa tidak ada emoji yang mewakili saya dan jutaan wanita berhijab lainnya di seluruh dunia membingungkan saya,” katanya.

“Saya benar-benar tidak memiliki gagasan awal dalam pikiran saya tentang apa yang seharusnya terlihat seperti itu. Saya hanya menginginkannya tersedia yang dapat digunakan jutaan wanita berjilbab dari berbagai ras,” imbuhnya.


loading...

Feeds