Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah MOTOGP 2019

MotoGP

MotoGP

POJOKSATU.id, LONDON – Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP pada 2019 di Sirkuit Palembang.

Perancang Sirkuit Palembang Hermann Tilke menilai, dua tahun ke depan sangat realistis bagi Indonesia menjadi tuan rumah ajang pacu kuda besi paling bergengsi sejagat itu.

“Entah itu benar-benar terjadi pada 2019 atau 2020, saya tidak bisa mengatakannya. Tapi dari pihak kita sebagai pembangun, 2019 realistis,” tutur perancang kenamaan asal Jerman itu kepada Speedweek seperti dilansir Crash.

Selain berhubungan dengan kesiapan sirkuit, Tilke menilai, penyelenggaraan MotoGP di Indonesia juga akan mendatangkan keuntungan bagi penyelenggara mengingat negara tersebut merupakan pasar utama bagi MotoGP.

Sementara itu, operator MotoGP, Dorna lewat CEO nya Carmelo Ezpeleta telah mengindikasikan akan mempertimbangkan rencana tersebut sepanjang persyaratan sirkuit dan infrastruktur terpenuhi.

Indonesia sendiri pernah menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP pada musim 1996 dan 1997 di Sirkuit internasional Sentul Bogor.

Jika terealisasi, maka Indonesia akan menjadi rangkaian tur MotoGP Asia setelah Jepang dan Malaysia sebagai tuan  rumah penyelenggaraan MotoGP musim ini.

Terbaru, Thailand sudah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2018 – 2020 sejurus dengan pembangunan sirkuit mereka saat ini.

Namun pembangunan lintasannya masih belum rampung sehingga Indonesia masih memiliki peluang selama proyek pembangunan sirkuit di pulau Sumatera itu rampung sesuai jadwal yang ada.

(qur/pojoksatu)


Feeds