Lebaran, Kereta Api Kelas Jetset Diuji Coba

Ilustrasi/foto via JPNN

Ilustrasi/foto via JPNN

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sebelum memasuki masa angkutan lebaran 2018, PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana melakukan uji coba pengoperasian kereta api kelas jetset.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro membenarkan kabar tersebut.

Disebutkan, tiket kereta api premium ini bakal dibandrol di atas Rp 900 ribu per seat.

Adapun fasilitas yang ada di dalam gerbong KA sleeper ini akan berada di atas KA priority atau priority class yang sudah ada sebelumnya dengan kapasitas 28 seats.

Sebagai tahap awal dan untuk melakukan tes pasar, Edi akan menyiapkan empat gerbong kereta sleeper yang masing-masing gerbongnya memiliki 18 seats.

“Jadi sleeper ini memang kita tes on the water kita coba berharap sebelum lebaran datang empat kereta sleeper ini seperti kereta seperti first class di pesawat terbang. Kita berharap lebaran ini bisa dioperasikan,” kata Edi.

Adapun KA sleeper diproduksi oleh PT INKA (Persero) yang berkantor di Madiun, Jawa Timur.

Pastinya, kereta ini akan digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Teknisnya tiap kereta sleeper akan ditarik oleh kereta kelas eksekutif sesuai dengan tujuannya.

“Jadi kita tes dulu apakah memang masyarakat kita menghendaki sleeper ini kan dia bisa betul-betul (dalam posisi) tidur,” terangnya.

Edi menambahkan kehadiran KA sleeper ini diluncurkan untuk melengkapi KA kelas prioritas. Dia mengklaim pasar KA kelas jetset yang ada saat ini cukup banyak diminati.

Ditambahkan, Edi berharap dengan adanya KA sleeper nantinya industri perkeretaapian dalam negeri bisa terus dikembangkan.

“Kita hanya mau (kereta sleeper) dibangun (produksi) di dalam negeri supaya bisa dibangun komunikasi dengan INKA, dan INKA sanggup maka kami lakukan,” pungkasnya.

(ce1/uji/JPC/pojoksatu)



loading...

Feedss