Penuhi Kebutuhan, Inalum Tingkatkan Produksi pada 2022

Ilustrasi/foto via JPNN

Ilustrasi/foto via JPNN

POJOKSATU.id, JAKARTA – Penuhi kebutuhan aluminium domestik, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) berencana meningkatkan produksi menjadi satu juta ton per tahun pada 2022.

Direktur Umum dan Sumber Daya Manusia PT Inalum Carry E.F. Mumbunan menuturkan, saat ini total kapasitas produksi perseroan mencapai 260 ribu ton per tahun yang meliputi ingot, billet, dan alloy.

Dikatakan, kapasitas produksi perseroan akan meningkat secara perlahan.

Tahun depan, produksi diharapkan mencapai 300 ribu ton per tahun. Dan terus naik menjadi 500 ribu ton per tahun hingga menjadi satu juta ton pada 2022.

Sementara itu, General Manager SDM Muhammad Rozak Hudioro menambahkan, saat ini total kebutuhan aluminium domestik mencapai 800 ribu ton per tahun.

“Pertumbuhan permintaan bisa mencapai lima persen dan produksi lokal baru dari Inalum saja mencapai 260 ribu ton per tahun,” ujar Rozak.

Saat ini, Inalum merupakan satu-satunya produsen ingot aluminium di Indonesia.

Perinciannya, billet sebanyak 30 ribu ton per tahun dan alloy mencapai 90 ribu ton per tahun.

Sisanya, 140 ribu ton, ingot aluminium. Meski begitu, produksi aluminium Indonesia masih tertinggal jika dibandingkan dengan Malaysia.

Perusahaan di Malaysia masih menjadi produsen aluminium terbesar di ASEAN dengan kapasitas produksi 750 ribu ton per tahun.

Penambahan kapasitas produksi Inalum akan dilakukan di lokasi pabrik existing perseroan di Kuala Tanjung sebesar 200 ribu ton.

“Untuk lahannya ada. Hanya, kami masih harus memikirkan pasokan listrik di PLTA nanti cukup atau tidak. Meski begitu, kemungkinan masih bisa dibangun satu PLTA lagi di Asahan,” jelasnya.

(vir/c6/fal/pojoksatu)



loading...

Feedss

Nikita Willy (Instagram)

Ini Alasan Nikita Willy Belum Siap Menikah

POJOKSATU.id – Meski santer dikabarkan akan segera menikah, Nikita Willy tampaknya enggan membahasnya. Nikita Willy hanya tersenyum saat awak media mengorek …
Dahlan Iskan

Insya Allah Aku Lilo, Madrid

Oleh: Dahlan Iskan Saya lemes saat nulis ini. Bahkan sudah lemes sejak menit ke 30-an final Piala Champions itu. Lemes. …
Bawaslu - DPR

Aktivis Prodem: DPR Bakal Hancur!

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kehadiran para mantan terpidana korupsi dalam daftar caleg di Pileg 2019 menciderai semangat menciptakan calon pemimpin yang …