Pemerintah Kembangkan Energi Terbarukan Melalui Teknologi Deep Sea Water

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya membangun pulau-pulau kecil dan terluar Indonesia melalui program Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT).

Salah satu upaya untuk mendukung yakni proyek prestisius teknologi deep sea water, yang merupakan teknologi Jepang untuk menghasilkan energi baru terbarukan dan mengalirkan listrik di pulau-pulau kecil Indonesia.

Teknologi ini rencananya akan dikembangkan di Pulau Morotai sebagai salah satu dari 12 lokasi SKPT.

“Pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besar Jepang di Indonesia telah menawarkan proyek deep sea water ini kepada KKP,” ujar Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Penawaran itu langsung disambut baik oleh Susi.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL) KKP Bramantyo Satyamurti Poewardi menambahkan, Jepang menawarkan pengembangan energi baru terbarukan melalui teknologi deep sea water untuk mengalirkan listrik di pulau kecil dan terluar Indonesia.

“Mereka (Jepang) ingin membangun deep sea water untuk listrik. Ini melalui seleksi dari seluruh negara yang meminta. Mereka sudah bilang akan berusaha untuk mengawal,” imbuh Bramantyo.

Bahkan, pihak Jepang sudah melihat beberapa lokasi SKPT yang merupakan proyek KKP, salah satunya di Natuna.

(chi/jpnn)


loading...

Feeds