Wujudkan Wisata Sungai, Kemenpar Dukung Sport Tourism BKT 5K

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya.

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya.

POJOKSATU.id, Jakarta – Inovasi tiada henti diperlihatkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Buktinya, kementerian di bawah komando Arief Yahya itu bekerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BBPI) Walikota Jakarta Timur menggelar event sport tourism lomba lari BKT 5K  atau Banjir Kanal Timur 5 kilometer yang berlangsung di Bantaran Kali Timur, dekat Pintu Air BKT Jl. Jendral Rs. Soekanto, Jakarta Timur.

Penyelenggaraan lomba lari BKT 5K yang baru pertama kali ini sebagai upaya mempromosikan kawasan Banjir Kanal Timur sebagai area olarahraga wisata (sport tourism) serta arena kuliner dan wisata sungai.

Ketua BPPI Yanti Soekamdani mengatakan, penyelenggaraan event BKT 5 K ini sebagai upaya mempromosikan BKT juga sekaligus mengajak masyarakat Jakarta dan sekitarnya hidup sehat.

“Belakang ini, olahraga lari kian popular di kalangan masyarakat, karena olahraga ini simple, mudah , murah, dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Selaian itu, olah raga ini memiliki manfaat seperti menurunkan resiko penyakit  jantung, mengurangi resiko diabetes dan masih banyak manfaat lainnya,” ujar Yanti, Minggu (10/9).

Event lomba lari BKT 5 K, menurut Yanti Soekamdani, diharapkan menjadi even tahunan sehingga kegiatan olahraga lari ini dapat meningkatkan animo masyarakat Jakarta khususnya wilayah Jakarta timur untuk mengenal lebih baik tentang area BKT dan menikmati keindahan alam serta menjaga kebersihan area BKT.

“Lomba lari BKT 5 K ini tidak dikenakan biaya. Para pemenang lomba untuk kategori pria dan wanita mendapat hadiah. Selain itu para peserta juga akan mendapat hiburan atau entertainment serta dapat melihat pameran (bazaar) multi produk,” ungkap Yanti.

Sekretaris Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Mumus Muslim mengatakan, Kemenpar mendukung kegiatan ini lantaran area wisata BKT makin populer di masyarakat sekitar. Menurutnya, dengan diadakan banyak event, seperti sport tourism, maka tempat wisata ini bisa dikenal masyarakat dari luar.

“Kita ingin promosikan area wisata BKT ini antara lain dengan kegiatan lomba lari  BKT 5 K. Kegiatan lomba lari ini banyak diminati masyarakat, yang sekaligus untuk mengenalkan langsung BKT yang dalam pariwisata adalah seeing is believing,” ujar Mumus.

Mumus menambahkan, lomba lari BKT 5 K  ini sebagai awal untuk menuju wisata sungai. “Jakarta yang dilintasi beberapa sungai layak mempunyai wisata sungai, antara bisa diawali dari Sungai Banjir Kanal Timur yang panjangnya sejauh 23,5 km,” kata Mumus.

Berita Rekomendasi

Feeds