Festival Pesona Bunaken 2017 Ajang Bangkitkan Pelestarian Budaya dan Alam Manado

Band Ungu saat menghibur wisatawan di Festival Pesona Bunaken 2016 di Manado. (Instagram/Ungu Band)

Band Ungu saat menghibur wisatawan di Festival Pesona Bunaken 2016 di Manado. (Instagram/Ungu Band)

POJOKSATU.id, MANADO – Festival Pesona Bunaken 2017 berlangsung meriah. Perhelatan yang didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu bakal meningkatkan pelestarian budaya dan alam di Pulau Bunaken, Manado, Sulawesi Utara.

“Dengan festival ini pasti muncul pelestarian, di mana unsurnya ada perlindungan dan pemanfaatan. Unsur ini akan menjaga budaya dan alam di Bunaken. ini harus terus dilakukan dan dijaga,” ujar Staff Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Hari Untoro Drajat saat membuka Festival Pesona Bunaken 2017 di Pulau Bunaken, 12 Agustus 2017.

Dampaknya terhadap pelestarian budaya, imbuh Hari, mengambil contoh dari tarian-tarian yang disajikan di acara pembukaan. Kata dia, regenerasi tarian itu membuat budaya akan abadi di tanah air Indonesia.

“Dengan mengajarkan tarian ke anak-anak, dan masuk ke dalam rangkaian festival, itu akan membuat budaya lestari. Seperti yang kerap diungkapkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, pariwisata semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan,” kata pria yang juga masuk dalam tim percepatan wisata budaya berkelanjutan kawasan Borobudur Kemenpar itu.

Untuk pelestarian alam, imbuh Hari, festival yang rutin digelar setiap tahun ini menggelar action dengan bersih-bersih sampah dan pulau, bagian rangkaian ini membuat alam yang sering dikunjungi Wisman ini akan tetap terawat dan cantik.

“Pariwisata itu mengangkat kesejahteraan masyarakat secara langsung, cepat dan murah. Ayo dengan festival ini kita lestarikan semuanya untuk masyarakat kita juga,” kata Hari yang disambut tepuk tangan meriah pengunjung di acara pembukaan tersebut.


loading...

Feeds