Agresif, Kemenpar Sambangi Lima Kota di India

Wonderful Indonesia. (Instagram/Kemenpar)

Wonderful Indonesia. (Instagram/Kemenpar)

POJOKSATU. id, JAKARTA – Pasar India menjadi sasaran empuk Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, lima kota di negara yang berjuluk Anak Benua itu, akan disambangi dalam gabungan 2 kegiatan promosi yang masing-masing bertajuk Sales Mission India 2017.

Lima kota yang digoda branding Wonderful Indonesia antara lain, kota Ahmedabad pada 1 Agustus, Pune pada 3 Agustus. Setelah itu, ada Sales Mission Greater Bali di India 2017 di kota Bangalore pada 9 Agustus, kota Coimbatore pada 7 Agustus 2017, serta Chandigarh pada tanggal 11 Agustus 2017.

Tidak ada nama kota Mumbai atau New Delhi. Ini menunjukkan Wonderful Indonesia sangat agresif dan tidak hanya berusaha melakukan promosi dengan merambah kota-kota tier 1 di India namun juga kota-kota lain yang berpotensi mendatangkan wisman India ke Indonesia.

“Potensi pasar India sangat besar. Nanti Kemenpar melakukan promosi dalam bentuk pertemuan bisnis antara sellers (industri pariwisata) Indonesia dengan buyers (travel agents) India,” ucap Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara I Gde Pitana yang didampingi Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Asia Pasifik Vinsensius Jemadu di Jakarta, Sabtu (12/8/2017).

Pitana menjelaskan, promosi agresif ini didasari atas jumlah kunjungan wisman India ke Indonesia yang selalu meningkat. Data terakhir menunjukkan jumlah kunjungan periode Januari-Juni 2017 sebesar 233.738 kunjungan wisman India ke Indonesia.

“Hal ini merupakan sebuah pencapaian luar biasa. Pertumbuhannya double-digit pada angka 25,05 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada periode yang sama tahun lalu,” ucap Pitana.

Berita Rekomendasi

Feeds