Momen Langka, Lukisan Nyi Roro Kidul Asli Dipamerkan di Galeri Nasional

Lukisan Nyi Roro Kidul (Queen of the South Seas) paling sukses menarik perhatian pengunjung. Lukisan tersebut dipajang di salah satu ruangan paling pojok yang ada di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia. Letaknya berseberangan dengan lukisan Basoeki Abdullah lainnya. (FOTO : Kemenpar RI)

Lukisan Nyi Roro Kidul (Queen of the South Seas) paling sukses menarik perhatian pengunjung. Lukisan tersebut dipajang di salah satu ruangan paling pojok yang ada di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia. Letaknya berseberangan dengan lukisan Basoeki Abdullah lainnya. (FOTO : Kemenpar RI)

POJOKSATU.id, Jakarta – Ingin menyaksikan lukisan karya-karya pelukis top yang menjadi koleksi Istana Kepresidenan? Menyimak lukisan asli Nyi Roro Kidul yang asli? Kesempatannya masih terbuka lebar.  Semua itu bisa dinikmati masyarakat umum di Galeri Nasional, 1-30 Agustus 2017.

Berdasarkan hasil pengamatan selama beberapa hari pameran berlangsung, lukisan Nyi Roro Kidul (Queen of the South Seas) paling sukses menarik perhatian pengunjung. Lukisan tersebut dipajang di salah satu ruangan paling pojok yang ada di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia. Letaknya berseberangan dengan lukisan Basoeki Abdullah lainnya.

Anggota tim kurator pameran Mikke Susanto menjelaskan, lukisan Nyi Roro Kidul karya Basoeki Abdullah itu menyiratkan laut sebagai ekosistem yang kompleks. Selain itu, lukisan tersebut juga menggambarkan Indonesia yang kaya dengan kisah-kisah mitologis.

Kisah tentang Nyai Roro Kidul ini memang sangat dikenal luas di kawasan Pulau Jawa. Utamanya Yogyakarta. Dalam lukisan ini, sosok Nyi Roro Kidul tampil tanpa mahkota dan kereta kuda. Nyi Roro Kidul mengenakan kemben tanpa terlihat bagian bawah tubuh, rambutnya pun menjuntai panjang. Sosoknya terlihat cantik. Wanita ini digambarkan sebagai seorang perempuan berparas menawan, serta memiliki kekuasaan di Pantai dan Laut Selatan.

“Lukisan Nyi Roro Kidul dipajang di subtema ‘Mitologi dan Religi’. Lukisan Nyi Roro Kidul merupakan satu dari 200 karya Basoeki Abdullah yang dikoleksi Presiden ke-1 RI, Soekarno. Basoeki Abdullah memang dikenal sebagai pelukis pemandangan alam dan potret perempuan,” jelas Mikke, Kamis (10/8).

Mikke menambahkan, ada cerita menarik tentang lukisan yang berjudul ‘Nyi Roro Kidul’ yang dilukis tahun 1955 ini. Di masa itu, Basoeki Abdullah mengakui memang pernah bertemu dengan Nyi Roro Kidul.

“Pak Bas mengaku dia pernah bertemu dengan Nyi Roro Kidul. Lukisan ini adalah salah satu dari 6 lukisan Nyi Roro Kidul yang pernah dilukiskan Pak Bas. Dan ini adalah lukisan asli, kalau yang di Hotel Samudera itu KW alias palsu. Lukisan ini juga yang paling banyak dipalsukan,” terang Mikke.

Deputi Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin menjelaskan, pameran lukisan koleksi Istana ini bagian dari acara memperingati Kemerdekaan HUT RI ke-72, dengan tema besar “Senandung Ibu Pertiwi”.


loading...

Berita Rekomendasi

Feeds