Ciptakan Tinta Spidol dari Daun Jambu Biji, Dua Pelajar Ini Raih Penghargaan

Dua siswi MTs NU Gresik yang berhasil membuat daun jambu biji menjadi tinta spidol

Dua siswi MTs NU Gresik yang berhasil membuat daun jambu biji menjadi tinta spidol

POJOKSATUl,id-Siapa sangka jika daun jambu biji memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu dijadikan tinta spidol. Ditangan dua pelajar asal Gresik ini daun jambu biji disulap menjadi penemuan yang sangat berguna.

Yulistya Rahma Fitri (13) dan Indriyani (13) adalah kedua pelajar yang menemukan inovasi tersebut. Mereka merupakan siswi kelas 7 Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Trate, Gresik.

“Ide ini berawal dari seringnya kami mendenar keluhan guru yang mencium bau kimia pada spidol saat menulis di whiteboard ketika mengajar,” kata Yulistya.

Berawal dari situ, Yulistya dan Indriyani mencari literatur untuk mencari tahu bahan apa yang aman untuk membuat tinta spidol sampai akhirnya menemukan daun jambu biji.

Daun jambu biji dipilih karena memiliki banyak kandungan senyawa antosianim dan tannin yang cukup banyak dan bisa mengental sehingga dapat berfungsi sebagai tinta. Dengan bimbingan serta arahan dari guru pembimbing laboratorium, Muhammad Faiq Rofiqi mereka mulai bereksperimen.

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu daun jambu biji, paku berkarat, cuka dan tepung maizena. Langkah awal untuk membuat tinta adalah mencuci daun jambu biji hingga bersih kemudian rebut daun kedalam air selama 25 menit atau hingga air berubah menjadi cokelat pekat.

Air hasil rebusan kemudian dicampur dengan cuka, tepung maizena dan paku yang berkarat. Paku berkarat digunakan untuk mendapatkan warna hitam pekat untuk warna tinta.


Feeds