AHM Gelar Kompetisi Teknik Sepeda Motor Honda

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya menyerahkan hadiah utama sepeda motor Supra GTR 150 secara simbolik kepada pemenang Astra Honda Technical Skill Contest 2017 di Jakarta (2/8). Para pemenang ini berkesempatan mewakili Indonesia pada ajang Asia Oceania Technical Contest 2018. (PT. Astra Honda Motor)

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya menyerahkan hadiah utama sepeda motor Supra GTR 150 secara simbolik kepada pemenang Astra Honda Technical Skill Contest 2017 di Jakarta (2/8). Para pemenang ini berkesempatan mewakili Indonesia pada ajang Asia Oceania Technical Contest 2018. (PT. Astra Honda Motor)

POJOKSATU.id, Jakarta – PT. Astra Honda Motor (AHM) menggelar kompetisi teknik sepeda motor bagi siswa SMK serta garda terdepan layanan purna jual yaitu para teknisi dan servis advisor Honda melalui ajang Astra Honda Tehnical Skill Contest (AH-TSC) 2017.

Melalui kompetisi ini, AHM berupaya menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang teknik sepeda motor untuk melayani masyarakat.

Gelaran AH-TSC 2017 menyasar generasi muda yang menjadi siswa SMK sebagai bagian upaya AHM berperan serta dalam menyiapkan tenaga kerja yang terampil, inovatif dan siap di dunia kerja yang semakin kompetitif di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Kompetisi untuk siswa SMK yang telah memasuki tahun ke-8 ini, diikuti sebanyak 23.272  orang peserta dari 652 SMK yang mengiplementasikan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda. Proses seleksi berlangsung secara ketat di tingkat regional pada periode Maret-Juni 2017. Melalui ujian berbagai tahapan, terpilih sebanyak 36 siswa SMK terbaik dari seluruh Indonesia untuk menjalani kontes final di Jakarta. Final kompetisi dilaksanakan pada 1-2 Agustus 2017 di Astra Honda Training Center (AHTC), Jakarta.

Pelaksanaan uji kompetensi para siswa SMK dilakukan secara tertulis maupun praktek. Pada sesi ujian tertulis, para peserta diuji pengetahuan terkait teknologi sepeda motor Honda. Pada sesi ujian praktek, para peserta dinilai keterampilannya terkait mesin, rangka, dan kelistrikan sepeda motor Honda.

Selain itu, para siswa SMK juga ditantang kemahirannya dalam menggunakan Honda special tools dan perawatan sepeda motor yang meliputi pemeriksaan, pengukuran, serta penggantian parts.

General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso mengatakan perusahaan ingin memperkuat perannya di bidang teknik sepeda motor melalui kompetisi untuk siswa SMK ini.

Kompetisi ini diharapkan dapat membantu pemerintah menyiapkan generasi muda yang siap bersaing dengan perkembangan teknologi mesin sepeda motor di Indonesia.

“Kami ingin kompetisi ini dapat memberi kesempatan kepada siswa SMK untuk meraih mimpi serta cita-cita mereka di bidang teknik sepeda motor,” ujar Wedijanto.

Ketua Program Pendidikan Satu Hati Ahmad Muhibbuddin menambahkan kontes teknik bagi siswa SMK ini merupakan bagian dari pendekatan komprehensif yang disiapkan AHM dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di industri roda dua melalui implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda di SMK binaan.

Selain menguji keterampilan siswa SMK lewat kontes ini, AHM juga menyiapkan standardisasi bengkel tempat praktik siswa, mefasilitasi praktek kerja industri di bengkel resmi Honda, melatih dan mensertifikasi keahlian guru pengajar, hingga memberikan donasi motor dan peralatan perbengkelan.


loading...

Berita Rekomendasi

Feeds