Demiz : Da’i Harus Berperan Ciptakan Pilkada Kondusif

POJOKSATU. ID, Kab. Bandung – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz)  meminta agar para da’i atau pemuka agama bisa berperan aktif dalam membangun suasana politik yang kondusif di Jawa Barat. Terlebih dalam menyambut pilkada serentak yang akan digelar Juni 2018 mendatang.

Hal tersebut ia sampaikan usai melantik dan mengukuhkan Pengurus Majelis Da’i Jawa Barat (MDJ) Periode 2017-2020 di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Hikmah Sumbersari, Kampung Sapan RT 07/07, Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Senin malam (24/4).

Pilkada serentak 2018 akan memilih 17 pasangan kepala daerah dan wakilnya di Jawa Barat, yaitu gubernur dan wakil gubernur, enam pasangan walikota dan wakil walikota (Bandung, Bogor, Cirebon, Sukabumi, Banjar, dan Bekasi), serta sepuluh pasangan bupati dan wakil bupati (Bogor, Purwakarta, Sumedang, Subang, Bandung Barat, Kuningan, Majalengka, Cirebon, Garut, dan Ciamis).

Melihat hal tersebut, dapat dipastikan bakal banyak tantangan yang dihadapi oleh penyelenggara pilkada dan seluruh stakeholders terkait jika dibanding dua gelombang pilkada serentak Jawa Barat sebelumnya, yaitu tahun 2015 yang digelar di delapan kabupaten/kota, serta pilkada serentak 2017 di tiga kabupaten/kota.

Oleh karena itu, Demiz mengimbau para alim ulama, kyai, ustadz, para tokoh, dan segenap komponen masyarakat, khususnya jajaran pengurus dan seluruh anggota MDJ agar bersama-sama berupaya memelihara iklim demokrasi yang penuh kesejukan dan kedamaian di Jawa Barat.

“Dalam kaitan pilkada tadi saya berharap bagaimana para da’i menciptakan suasana kondusif. Jangan sampai terjadi sesuatu yang mengakibatkan lunturnya atau rengganggnya silaturahim diantara kita,” ujarnya.

Sementara itu, menurut hasil Sidang Pleno KPU, Pilkada Serentak 2018 akan dilaksanakan 27 Juni 2018 setelah Idul Fitri. Namun, keputusan resminya menunggu penetapan PKPU Tahapan Pilkada 2018. Artinya, ada beberapa tahapan Pilkada yang kemungkinan dilakukan pada Ramadhan, sehingga diperlukan sejumlah langkah antisipasi dan sikap toleransi yang tinggi dari semua pihak.


Feeds