Jamaah Haji Ini Seperti Kesurupan, Ludahi Petugas Haji Berkali-kali di dalam Mobil

POJOKSATU,id- Tak sedikit jamaah haji Indonesia di Tanah Suci mengalami stres hingga sampai seperti orang gila. Yang ringan cukup diatasi di balai pengobatan. Yang berat dirujuk ke rumah sakit.

Seperti yang terjadi pada salah seorang jamaah haji asal Aceh ini. Belum diketahui siapa nama jamaah haji itu, namun dalam video yang diunggah akun facebook INFO JABODETABEK TERKINI jamaah haji wanita itu terus mengoceh menggunakan bahasa Aceh dalam sebuah perjalanan di mobil.

Dalam video berdurasi 1 menit 37 detik itu, seorang petugas haji tampak memegang jamaah tersebut, sementara petugas lain yang duduk disampingnya berusaha menenangkan jamaah haji wanita itu.

Tak jelas apa yang diucapkan jamaah haji itu, ia terus mengoceh sambil meludahi petugas haji yang ada disampingnya. Tak terhitung berapa kali ia meludahi petugas tersebut.

Beredarnya video jamaah haji kesurupan itu mendapat respon beragam dari netizen. “Allaahu akbar. org yg brkt haji pnuh rs bangga dan ksombongan ad yg akhirx gila krn sifatx itu. Allaah tunjukkan mnusia2 yg tdk pantas menginjak tanahx..,” tulis akun Mida Sari Lubis.

“Itu la yg selama hidup tingkah laku diri nya, kita berangkat naik haji sama dgan ngaca bagaimana kejahatan kita langsung di bayar Allah,” kata akun Alan Robert.

Menurut salah satu psikiater BPHI, bepergian jauh bagi orang yang tidak biasa bisa memicu gangguan kejiwaan. Apalagi, mereka kemudian berhadapan dengan sosiokultural yang berbeda.

Mereka menghadapi kondisi yang berbeda dengan apa yang mereka bayangkan sebelumnya. ”Sejak sebelum berangkat, jamaah harus menyadari sepenuhnya bahwa kepergiannya ke Tanah Suci hanya untuk beribadah,” jelasnya.

Gangguan kejiwaan juga bisa diakibatkan oleh heat stroke. Yaitu, penurunan kondisi fisik karena terlalu lama terpapar matahari, melakukan aktivitas berlebihan, dan kekurangan cairan tubuh.

(ysp/pojoksatu)


Feeds