Kasus Pria Melahirkan Sangat Langka, Ini Penjelasan Medisnya

POJOKSATU,id-Kasus pria melahirkan seperti yang dialami remaja asal Grobogan, Jawa Tengah, Ganang Yudho Putra Duri, dikenal di dunia kedokteran sebagai Parasitic Twin fetus in fetu, juga dikenal sebagai kembar siam tidak seimbang.

Pria melahirkan bayi merupakan kasus langka karena hanya menimpa satu orang dalam setiap 500.000 sampai satu juta kelahiran.

Dikutip dari www.bidanku.com. Parasitic Twin fetus in fetu terjadi ketika sebuah embrio kembar yang tercipta dalam uterus kemudian tumbuh, namun pada saat pertumbuhannya gagal melakukan pemisahan.

BACA : Heboh! Remaja Pria 17 Tahun Ini ‘Melahirkan’ Bayi Laki-laki

Keduanya tetap tumbuh bersama, namun kemudian ada satu embrio menjadi dominan terhadap embrio satunya. Jika keduanya tetap tumbuh dan tidak ada yang dominan, maka dikenal dengan kembar siam-conjoint twin.

Embrio yang dominan ini kemudian terlahir sebagai bayi, dan embrio yang satunya lagi yang tetap ‘menempel’ dalam bayi tersebut dinamakan parasitic twin.

Jika tidak dilakukan operasi pemisahan, maka kembaran parasitnya (fetus in fetu) dapat mengancam kehidupan bayi yang dominan. Dalam beberapa kasus, kembaran parasit yang tidak terdeteksi dapat menggerogoti kandungan gizi dari bayi dominan.

Sehingga meskipun bayi tersebut diberi nutrisi dan gizi yang sehat, tetap mengalami kekurangan gizi karena gizi yang ada digerogoti oleh kembaran parasitnya.

parasitic twin ini fetus in fetu, ada juga yang disebut Epigastrika parasit, secara harfiah saudara kandung yang berbeda. Kategori ini menggambarkan fenomena kembar yang tidak lengkap, biasanya terdiri dari sebuah tubuh mungil terpasang pada epigastrum (perut bagian bawah).

(ysp/pojoksatu)


Feeds