Takut Melihat Lubang Kecil? Anda Terserang Trypophobia

POJOKSATU,id-Apa yang anda rasakan setelah melihat lubang-lubang di jari itu ? bergindik ngeri atau bahkan ketakutan? jika anda merasakan hal tersebut maka anda mengalami gejala trypophobia.

Trypophobia adalah salah satu jenis fobia akibat rasa takut berlebihan, serta panik saat melihat banyak lubang kecil.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa gangguan kecemasan ini akan meningkat kala penderita fobia melihat sarang lebah, sarang semut, pola-pola bambu, dll.

Ketakutan terhadap lubang dan pola simetris terhadap suatu benda atau gambar ini cenderung menghasilkan rasa jijik dan ngeri. Selain itu jantung berdegup lebih kencang, keringat dingin, bahkan hingga menangis ketakutan.

Hal yang lebih mengejutkan adalah penelitian menyebutkan bahwa Trypophobia bisa menyebabkan migrain, serangan panik mendadak, jantung berdegup kencang, dan berkeringat.

“Trypophobia adalah fobia yang umumnya belum Anda kenal,” kata peneliti Geoff Cole, ahli psikolog dari University of Essex, Inggris, dikutip dari Livescience.

Dalam studi, Cole dan teman-temannya menemukan bahwa 16 % dari peserta yang diteliti menunjukkan tanda-tanda Trypophobia.



loading...

Feedss