Awas! Rokok Berpotensi Memicu Kanker Payudara pada Pria

POJOKSATU,id-Penyakit kanker payudara saat ini tak hanya menyerang kaum hawa, para pria pun beresiko terkena penyakit ini.

Seperti yang dialami seorang pria di Parepare, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat. Ia divonis terkena kanker payudara setelah ada tonjolan di area dadanya.

Sebenarnya, mengapa pria bisa terkena kanker payudara seperti perempuan? Menurut Dokter Spesialis Bedah dan Konsultan Bedah Onkologi dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B(K)Onk, angka kasus pria terkena kanker payudara bisa saja terjadi, namun tergolong jarang atau langka.

“Perbandingannya kalau dibanding perempuan 1:100. Sampai sekarang apa faktor penyebab kanker payudara belum diketahui,” tegasnya.

Sonar menjelaskan kanker payudara bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, atau seringkali kanker payudara dihubungkan dengan adanya keadaan hormonal. Kanker payudara pada pria ada berbagai jenis.

Kanker juga dibagi lagi menjadi dua, yakni kanker padat atau cair. Kanker payudara merupakan kanker padat sedangkan kanker darah tergolong kanker cair.

“Nah kalau kanker padat seperti kanker payudara pasti penanganannya dengan operasi. Setelah operasi, kanker reseptor positif diberikan hormon bisa berupa diminum, dan reseptor negatif diberikan kemoterapi,” kata Sonar.



loading...

Feedss