90 Persen Kanker Anak Bisa Disembuhkan, Ini Caranya!

POJOKSATU.id, JAKARTA- Pihak rumah sakit yang kerap menangani pasien kanker di Indonesia memanfaatkan stem cell sebagai penyembuh leukimia pada anak. Sehingga penderita lekas pulih dari kanker.

“Stem cell pada kanker darah anak bagus benar, bisa sembuh 90 persen. Kita pernah coba penelitian ini pada pasien dan ternyata bisa,” ungkap Mantan Direktur Utama RS Kanker Dharmais Dr dr Sonar Panigoro SPB(K) ONK MEpid saat ditemui di RSK Gatot Subroto, kawasan Senen, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2016).

Bahkan selama masa penyembuhan, pihal runah sakit mendanai pengobatan penderita kanker sebesar 1 Miliar Rupiah. Namun hanya untuk masa penelitian.

“Sebelum diteliti dan dilakukan stem cell-nya, kita jelasin dulu manfaat dan risikonya ke pasien. Kita tanggung semua biayanya,” tambahnya.

Adapun proses dari stem cell itu, ahli bedah kanker mengambil darah sehat dari pasien. Karena darah merupakan pembentuk sumsum tulang.

“Saat kemoterapi juga dipilih darah yang sehat dan dibom habis semua produksi sel kankernya. Kemudian pasien diisolasi agar bisa membuat sel darahnya normal berkembang,” terangnya.

Namun, karena pembiayaan yang mahal karena penggunaan teknologi canggih dan ruang perawatan isolasi yang eksklusif. Alhasil, terapi stem cell untuk penyembuhan leukimia pada anak belum sepenuhnya diterapkan di Indonesia.

(Sikah/Pojoksatu)


Feeds