Peneliti Temukan Obat Cacing yang Ampuh Cegah Virus Zika

Foto Ilustrasi: Virus Zika

Foto Ilustrasi: Virus Zika

POJOKSTAU.id, INGGRIS- Penemuan yang dilakukan tim peneliti dari Florida State University (FSU), Johns Hopkins University dan National Institutes of Health menemukan obat yang sangat efektif untuk menghentikan virus mematikan diri di dalam tubuh.

Telah diuji sebagai terobosan medis sebagai regulator federal ras dalam penemuan pengobatan untuk infeksi yang menyebar melalui Amerika Serikat.

“Kami fokus pada senyawa yang memiliki jalur terpendek ke penggunaan klinis. Ini adalah langkah pertama menuju terapi yang dapat menghentikan penularan penyakit ini,” ujar Profesor Hengli Tang, dari FSU.

Profesor Tang dan rekan-rekannya mengidentifikasi dua kelompok yang berbeda dari senyawa yang berpotensi dapat digunakan untuk mengobati Zika, dilansir laman Dailymail, Selasa (30/8/2016).

Satu menghentikan virus dari replikasi, dan lainnya menghentikan virus dari membunuh sel-sel otak janin, yang disebut neuroprogenitor. Dan salah satu senyawa yang dipakai untuk obat disebut niklosamida, obat yang disetujui dan tidak menunjukkan bahaya bagi wanita hamil.

Dan obat ini dipakai sebagai pengobatan untuk cacing pita. Para peneliti mengatakan obat dapat diresepkan oleh dokter, meskipun tes lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan rezim pengobatan khusus untuk infeksi.

Para peneliti di seluruh dunia telah bekerja untuk memahami penyakit yang dapat ditularkan baik oleh gigitan nyamuk maupun melalui hubungan seksual. Awal tahun ini, tim Profesor Tang adalah yang pertama menunjukkan virus Zika disebabkan fenotipe selular konsisten dengan mikrosefali.

(Sikah/Pojoksatu)


loading...

Berita Rekomendasi

Feeds