Korut-Korsel Lakukan Pertemuan Serius, Berdamai?

POJOKSATU.id –¬†Utusan khusus Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah kembali dari pertemuan dengan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un di Pyongyang.

Dalam jumpa pers yang digelar di Kantor Presiden Korsel Gedung Biru, Selasa (6/3), Kepala Keamanan Nasional Chung Eui-yong yang menjadi pimpinan delegasi menyampaikan hasil pembicaraan di Pyongyang itu.

Menurutnya, dalam pertemuan disepakati oleh kedua Korea untuk menggelar pertemuan inter-Korea ketiga di Rumah Perdamaian di Panmunjeom akhir April mendatang. Sebelum itu kedua pihak sepakat menggelar pertemuan konsultasi pada level-kerja.

Kemudian, untuk mengurangi konfrontasi militer dan mempercepat konsultasi berikutnya, kedua Korea setuju membangun hubungan langsung (hotline) antara kedua kepala negara.

Korea Utara juga disebutkan memperlihatkan keinginan untuk membebaskan Semenanjung Korea dari nuklir.

“Pihak Korea Utara juga mengatakan dengan jelas bahwa mereka tidak punya alasan memiliki persenjataan nuklir selama ancaman militer terhadap mereka dikurangi dan keamanan rezim mereka dijamin,” ujarnya.

Juga disebutkan bahwa Korea Utara memperlihatkan keinginan mereka memulai negosiasi dengan Amerika Serikat untuk isu denuklirisasi Semenanjung Korea dan menormalisasi hubungan Korea Utara dan Amerika Serikat.

“Korea Utara juga mengatakan tidak akan membuat provokasi dengan kembali melakukan uji coba nuklir atau misil lintas benua selama dialog berlanjut,” sambungnya.

Terakhir, untuk menjaga semangat rekonsiliasi dan kerjasama setelah Olimpiade PyeongChang, Korea Utara mengundang delegasi taekwondo dan kesenian Korea Selatan ke Pyongyang.

(dem/rm/pojoksatu)



loading...

Feedss