Berikan Solusi Damai, Putin Telepon Trump dan Bertemu Abbas Bahas Yerusalem

(Foto: Getty Images Europe)

(Foto: Getty Images Europe)

POJOKSATU.id, MOSKOW – Presiden Rusia, Vladimir Putin kini tengah mendiskusikan proses damai antara negara Arab dan Israel berkaitan dengan Yerusalem.

Putin mengatakan hal tersebut saat bertemu dengan pemimpin Palestina Mahmoud Abbas di Moskow pada Senin malam, (12/2/2018).

Presiden Rusia itu mengaku telah menghubungi Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk membahas proses Yerusalem melalui sambungan telepon.

“Saya baru saja melakukan percakapan telepon dengan Presiden Amerika Serikat, [Donald] Trump,” kata Putin kepada Abbas.

“Trump menyampaikan yang terbaik untuk Anda,” tambahnya seraya mengatakan dirinya mendukung bangsa Palestina.

Dalam pertemuannya, Putin menjelaskan Abbas kedekatan hubungan kedua negara dengan Amerika Serikat.

Putin mengatakan telah menyampaikan isu ini kepada PM Israel, Benjamin Netanyahu, saat datang baru-baru ini ke Moskow.

Namun, Abbas menanggapinya dengan dingin dan mengatakan kepada Putin bahwa dia tidak dapat lagi menerima peran Amerika Serikat sebagai satu-satunya mediator dalam pembicaraan dengan Israel.

“Kami menyatakan bahwa mulai sekarang kami menolak untuk bekerja sama dalam bentuk apapun dengan AS dalam status mediatornya, karena kami menentang tindakannya,” tegas Abbas, seperti yang dilansir Hareetz pada Kamis, (13/2/2018).

Dia justru berharap Rusia dapat mengambil peran lebih besar dalam perundingan damai Israel-Palestina, dengan mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak dapat lagi memainkan peran utama.

Sebelumnya Trump mengatakan kepada Putin bahwa sekarang adalah waktu untuk bekerja menuju perdamaian abadi antara Israel dan Otoritas Palestina.

Perjalanan Abbas ke Moskow terjadi dua minggu setelah kunjungan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

(mia/pojoksatu)



loading...

Feedss